Abstract :
Penelitian ini berangkat dari permasalahan keterbatasan alat dan bahan praktikum
di laboratorium, serta peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami konsep
materi momentum dan impuls. Upaya yang dilakukan oleh peneliti untuk mengatasi
masalah tersebut yaitu dengan mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik
Elektronik (E-LKPD) menggunakan model problem based learning dengan
platform Wizer.me. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan proses
pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) menggunakan
model problem based learning dengan platform Wizer.me pada materi momentum
dan impuls. (2) Mendeskripsikan tingkat validitas pengembangan Lembar Kerja
Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) menggunakan model problem based learning
dengan platform Wizer.me pada materi momentum dan impuls. (3)
Mendeskripsikan tingkat kepraktisan pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik
Elektronik (E-LKPD) menggunakan model problem based learning dengan
platform Wizer.me pada materi momentum dan impuls. Metode penelitian yang
digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan
ADDIE. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas X MIPA SMA Negeri 13 Garut
sebanyak 7 kelas dengan jumlah peserta didik 252 orang. Sampel penelitian diambil
dengan menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas, yaitu kelas
X MIPA 1 dan X MIPA 2 dengan jumlah setiap kelas 36 peserta didik. Untuk
mengukur kelayakan E-LKPD dilakukan validasi meliputi ahli materi, ahli media,
dan ahli pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan dalam mengolah hasil
validasi adalah indeks Aiken?s V. Hasil penelitian menunjukan bahwa indeks Aiken
ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran berturut-turut sebesar 0,89, 0,93, dan
0,95 dengan kategori sangat valid serta rata-rata persentase kepraktisan sebesar
89% dengan kriteria sangat praktis. E-LKPD menggunakan model problem based
learning dengan platform Wizer.me pada materi momentum dan impuls yang
dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dan praktis untuk digunakan dalam
proses pembelajaran.
Kata kunci: E-LKPD, Problem Based Learning, Wizer.me, Momentum dan Impuls