Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasa percaya diri
terhadap hasil belajar peserta didik paket C di SKB Kota Tasikmalaya. Penelitian
ini bertujuan mempertegas untuk memperoleh hasil belajar yang maksimal, siswa
tidak hanya didasari oleh kemampuan intelektual semata, namun dapat dipengaruhi
oleh faktor lain seperti rasa percaya diri. Dengan adanya rasa percaya diri diri,
seorang warga belajar akan menemukan solusi agar tidak ragu, yakin terhadap
kemampuan diri, berani untuk mengungkapkan pendapat, dan melakukan berbagai
hal dalam menunjang proses belajarnya. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini menggunakan metode kuantitatif, pengumpulan data menggunakan angket
dengan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
memerlukan pengujian dasar, seperti pengujian normalitas, linieritas data, dan
pengujian hipotesis. Dalam penelitian ini terdapat 45 sampel warga belajar Paket C
di SKB Kota Tasikmalaya. Ditemukan hasil bahwa rasa percaya diri memiliki
pengaruh terhadap hasil belajar warga belajar Paket C di SKB Kota Tasikmalaya.
Berdasarkan hasil analisis determinasi R-Square diperoleh nilai sebesar 0,212
artinya besarnya keragaman variabel Hasil Belajar (Y) yang dapat dijelaskan oleh
variabel Rasa percaya diri yaitu sebesar 21,2%. Sedangkan sisanya sebesar 78,8%
dipengaruhi oleh faktor lain. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa Ha diterima
dan Ho ditolak Rasa percaya diri berpengaruh terhadap hasil belajar. Kemudian
tingkat korelasi antara variabel rasa percaya diri terhadap Hasil Belajar adalah
sebesar 0,460 yang artinya tingkat korelasinya sedang.
Kata Kunci : Percaya Diri, Hasil Belajar