Abstract :
Dengan mayoritas penduduk Indonesia yang menganut agama Islam
membuat mereka membutuhkan produk makanan kemasan yang bersertifikat
halal. Produk ini juga harus memenuhi standar kualitas dan harga yang wajar bagi
konsumen. Label halal, kualitas produk dan harga merupakan beberapa faktor
yang mempengaruhi keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh label halal kualitas produk dan harga terhadap keputusan
pembelian produk makanan kemasan baik secara parsial maupun simultan.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan
deskriptif. Teknik pengambilan yang digunakan adalah teknik purposive
sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dengan skala likert.
Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat di Kelurahan Argasari yang pernah
membeli produk makanan kemasan sebulan terakhir dengan sampel sebanyak 100
responden.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) Label halal mempengaruhi
keputusan pembelian dengan nilai koefisien determinasi 24,1% dan nilai uji t
5.583; 2) Kualitas produk mempengaruhi keputusan pembelian dengan nilai
koefisien determinasi 33,1% dan nilai uji t 6.965; 3) Harga mempengaruhi
keputusan pembelian dengan nilai koefisien determinasi 27,6% dan nilai uji t
6.110; 4) Label halal kualitas produk dan harga mempengaruhi keputusan
pembelian dengan nilai koefisien determinasi 46,9% dan nilai uji F sebesar 28,27.
Label halal, kualitas produk dan harga berpengaruh positif dan signifikan
terhadap keputusan pembelian baik secara parsial maupun simultan, sehingga
semua hipotesis diterima.
Kata Kunci: Keputusan Pembelian, Label Halal, Kualitas Produk, Harga,
Makanan Kemasan