DETAIL DOCUMENT
PENGARUH LABEL HALAL, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAKANAN KEMASAN DI KELURAHAN ARGASARI KOTA TASIKMALAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Siliwangi
Author
MUHAMMAD, FARIZ
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2023-08-10 02:45:34 
Abstract :
Dengan mayoritas penduduk Indonesia yang menganut agama Islam membuat mereka membutuhkan produk makanan kemasan yang bersertifikat halal. Produk ini juga harus memenuhi standar kualitas dan harga yang wajar bagi konsumen. Label halal, kualitas produk dan harga merupakan beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh label halal kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian produk makanan kemasan baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengambilan yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dengan skala likert. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat di Kelurahan Argasari yang pernah membeli produk makanan kemasan sebulan terakhir dengan sampel sebanyak 100 responden. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) Label halal mempengaruhi keputusan pembelian dengan nilai koefisien determinasi 24,1% dan nilai uji t 5.583; 2) Kualitas produk mempengaruhi keputusan pembelian dengan nilai koefisien determinasi 33,1% dan nilai uji t 6.965; 3) Harga mempengaruhi keputusan pembelian dengan nilai koefisien determinasi 27,6% dan nilai uji t 6.110; 4) Label halal kualitas produk dan harga mempengaruhi keputusan pembelian dengan nilai koefisien determinasi 46,9% dan nilai uji F sebesar 28,27. Label halal, kualitas produk dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian baik secara parsial maupun simultan, sehingga semua hipotesis diterima. Kata Kunci: Keputusan Pembelian, Label Halal, Kualitas Produk, Harga, Makanan Kemasan 
Institution Info

Universitas Siliwangi