Abstract :
Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara
self-awareness dan self-control terhadap pemahaman pendidikan seksual dasar
melalui materi Sistem Reproduksi Manusia di Kelas XI MIPA SMA Negeri 5
Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah
korelasi dengan desain penelitian yaitu penelitian korelasi ganda. Teknik
pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam
penelitian ini yaitu seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Tasikmalaya Tahun
Ajaran 2022/2023 sebanyak 7 kelas yang berjumlah 248 peserta didik. Sampel yang
digunakan yaitu kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2. Instrumen yang digunakan untuk
mengumpulkan data adalah skala psikologis dari setiap variabel penelitian yaitu
skala psikologis self-awareness sebanyak 18 pernyataan, skala psikologis self?control sebanyak 14 pernyataan, dan skala psikologis pemahaman pendidikan
seksual dasar melalui materi Sistem Reproduksi Manusia sebanyak 12 pernyataan
serta pedoman wawancara bagi guru biologi kelas XI MIPA SMA Negeri 5
Tasikmalaya sebanyak 6 pertanyaan bagi setiap variabel dan wawancara peserta
didik berdasarkan hasil pengisian skala psikologis. Teknik analisis data yang
digunakan yaitu uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Hasil pengolahan data dari
uji hipotesis menyatakan bahwa terdapat hubungan antara self-awareness terhadap
pemahaman pendidikan seksual dasar melalui materi Sistem Reproduksi Manusia
dengan kategori rendah yang disebabkan oleh kurangnya self-confidence dan
accurate self-assessment dalam diri peserta didik kelas sampel, tidak terdapat
hubungan antara self-control terhadap pemahaman pendidikan seksual dasar
melalui materi Sistem Reproduksi Manusia yang disebabkan oleh kurangnya
cognitive control dan decisional control dalam diri peserta didik kelas sampel, dan
terdapat hubungan antara self-awareness dan self-control terhadap pemahaman
pendidikan seksual dasar melalui materi Sistem Reproduksi Manusia dengan
kategori rendah yang disebabkan oleh kurangnya self-awareness dan self-control
peserta didik terhadap peristiwa yang berkaitan dengan pendidikan seksual dasar
melalui materi Sistem Reproduksi Manusia.
Kata Kunci: Self-Awareness, Self-Control, Pendidikan Seksual Dasar, Sistem
Reproduksi Manusia