Abstract :
Masalah utama dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa
pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan menginvestigasi penggunaan
media chatbot dalam model pembelajaran direct instruction untuk meningkatkan
hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian menggunakan metode
Quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data
menggunakan pretest dan posttest dalam bentuk soal pilihan ganda. Populasi
penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPS SMAN 7 Tasikmalaya sejumlah 208
siswa. Sampel diambil berdasarkan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh
kelas X IPS 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol.
Teknik analisis data menggunakan uji paired sample t-test dan uji independent
sample t-test dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05. Hasil pengujian hipotesis
menunjukkan: (1) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen
dengan nilai rata-rata pretest sebesar 41,82 dan nilai posttest sebesar 81,56. (2)
Terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata
pretest sebesar 35,29 dan nilai rata-rata posttest sebesar 76,74. (3) Terdapat
perbedaan peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol
dengan perbandingan nilai rata-rata n-gain kelas eksperimen lebih besar daripada
nilai rata-rata n-gain kelas kontrol yaitu sebesar 0,69 dan 0,63. Sehingga, dapat
disimpulkan penggunaan media chatbot dalam model pembelajaran direct
instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci: Chatbot, Direct Instruction, Media