Abstract :
Banyak penelitian yang menyelidiki tentang penggunaan Google Docs untuk
menulis secara berkolaborasi. Namun, jarang dari mereka yang menggunakan
studi kasus sebagai desain penelitiannya. Oleh karena itu, penelitian kualitatif ini
bertujuan untuk menyoroti persepsi mahasiswa terhadap penggunaan Google Docs
sebagai alat untuk menulis berkolaborasi dalam mata kuliah ESP course design.
Berfokus pada 2 mahasiswa, penelitian ini berusaha mendapatkan pemahaman
mendalam tentang pengalaman dan persepsi dari 2 mahasiswa di salah satu
universitas negeri tentang penggunaan Google Docs sebagai alat menulis
berkolaborasi dalam pembuatan ESP course book sebagai projek akhir dari mata
kuliah ESP course design. Data dikumpulkan dari hasil wawancara semi?terstruktur dan dianalisis menggunakan analisis tematik untuk mengungkapkan
persepsi mahasiswa terhadap Google Docs sebagai alat untuk menulis secara
berkolaborasi dalam pembuatan ESP course book di mata kuliah ESP course
design. Temuan penelitian ini menunjukan bahwa siswa menganggap fitur-fitur
Google Docs dapat membantu dan bermanfaat untuk menulis berkolaborasi
sehingga mereka tidak perlu menggunakan usaha yang spesifik. Selain itu, karena
alat ini mudah untuk digunakan, mereka menganggap alat ini sebagai alat yang
efektif, efisien, dan mudah untuk diakses dimana saja asalkan terhubung dengan
jaringan internet. Kemudian, dengan adanya fitur-fitur yang dapat membantu
pekerjaan siswa, mereka juga mempunyai anggapan bahwa alat ini dapat
meningkatkan kemampuan menulis mereka. Akan tetapi, disamping kelebihan dari
pada Google Docs ini, alat ini juga mempunyai sedikit kelemahan yang akan
mempengaruhi pekerjaan mereka, yaitu koneksi internet yang tidak stabil dan
kesulitan untuk mendesain cover di Google Docs ini sehingga mereka
menggunakan alat lain sebagai alternatifnya.
Kata kunci: Google Docs, Menulis Berkolaborasi, ESP Course Design, dan
Persepsi Mahasiswa