Abstract :
Analisis transitivitas digunakan dalam penelitian di berbagai wacana seperti
berita, teks bacaan, pidato, dan lain-lain. Namun, belum ada penelitian yang
memadai tentang analisis transitivitas dalam buku teks terbaru yang berfokus
pada partisipan dan proses yang mencirikan unsur gramatikal. Oleh karena itu,
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipe-tipe transitivitas partisipan dan
proses yang mencirikan unsur gramatikal dalam buku teks yang berjudul English
for Nusantara untuk kelas 7. Menggunakan pendekatan kualitatif konten analisis
sebagai metode penelitian, pengumpulan data penelitian ini menggunakan
textbook sebagai sumber data. Kemudian, data dianalisis menggunakan teori
Halliday dan Matthiessen (2014) tentang analisis transitivitas. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa jenis participants yang ditemukan adalah carrier (93 kata),
actor (79 kata), senser (29 kata), token (18 kata), sayer (17 kata), dan behaver (8
kata). Selain itu, jenis-jenis proses yang ditemukan adalah proses relasional (112
kata) yang terdiri dari mengatribusikan (94 kata) dan mengidentifikasi (18 kata),
proses material (111 kata), proses mental (32 kata), proses verbal (18 kata),
proses eksistensial (8 kata), dan proses perilaku (7 kata). Implikasi dari
penelitian ini adalah mendorong guru untuk mengembangkan materi dan
menggunakan strategi mengajar yang efektif dengan menggunakan transitivitas
untuk meningkatkan pemahaman siswa terkait unsur gramatikal dalam Bahasa
Inggris. Dengan begitu, diharapkan hal tersebut dapat membantu siswa untuk
mencapai tujuan pembelajaran dalam kurikulum Merdeka Belajar, termasuk
kemampuan berkomunikasi secara efektif dalam Bahasa Inggris lisan dan tulisan.
Kata kunci: Elemen Tata Bahasa, Buku Teks, Linguistik Fungsional Sistemik,
Transitivitas