Abstract :
Minat pada peserta pelatihan berusia remaja untuk belajar musik masih terlihat
rendah. Hal ini menyebabkan kurang terbentuknya motivasi intrinsik dan
kepercayaan diri remaja sehingga hasil belajar menjadi kurang memuaskan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan motivasi intrinsik dengan
kepercayaan diri remaja di LKP Simphony Music School Kota Tasikmalaya.
Metode penelitian yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif deskriptif dengan
pendekatan penelitian kuantitatif korelasional. Teknik pengambilan sampel yaitu
teknik sampling jenuh dengan seluruh populasi sebanyak 55 orang. Instrumen
penelitian yang digunakan yaitu angket yang telah melalui uji validitas dan
reliabilitas. Data yang telah dikumpulkan pada penelitian ini dinyatakan sesuai
dengan uji asumsi normalitas dan uji asumsi heterokedastisitas, sehingga pengujian
hipotesis dapat dilanjutkan dengan analisis regresi linier sederhana dan uji korelasi.
Berdasarkan hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa nilai probabilitas 0,000 <
alpha (0,05), sehingga dapat dinyatakan H0 ditolak dan H1 diterima. Adapun hasil
yang diperoleh dari uji korelasi yaitu sebesar 0,583 yang dimaknai sebagai
hubungan yang berada pada kategori sedang. Maka dari itu, simpulannya adalah
adanya hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi intrinsik dengan
kepercayaan diri remaja pada kursus musik.
Kata kunci: Motivasi Intrinsik, Kepercayaan Diri, Kursus Musik