Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar digital dan mengetahui respon
peserta didik setelah menggunakan bahan ajar digital pada konsep sudut menggunakan
flip pdf corporate edition. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Research
and Development (R&D) dengan model Analysis, Design, Development,
Implementation dan Evaluation (ADDIE). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui
wawancara dan kuesioner. Instrumen penelitian menggunakan lembar penilaian
kualitas isi dan tujuan, lembar penilaian kualitas teknis dan lembar angket respon
peserta didik. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari dua ahli materi, dua ahli
media dan 20 orang peserta didik kelas VIII-A SMP Negeri 4 Tasikmalaya. Penelitian
ini menghasilkan bahan ajar digital pada konsep sudut menggunakan flip pdf corporate
edition. Bahan ajar digital ini berdasarkan kualitas isi dan tujuan dinilai sangat layak
oleh ahli materi, begitu pula pada kualitas teknis yang dinilai sangat layak oleh ahli
media. Respon peserta didik pada aspek motivasi, kemenarikan dan rasa ingin tahu
mendapatkan respon yang sangat baik, sehingga bahan ajar digital pada konsep sudut
menggunakan flip pdf corporate edition ini dapat digunakan untuk membantu proses
pembelajaran.
Kata kunci: Pengembangan bahan ajar digital, flip pdf corporate edition, konsep sudut