Abstract :
Model pembelajaran PDEODE adalah salah satu model pembelajaran kolaoratif
yang selalu mengaitkan materi pembelajaran dengan masalah kontekstual atau
masalah dalam kehidupan sehari-hari. Model pembelajaran kolaboratif tipe
PDEODE memfasilitasi peserta didik untuk memahami peristiwa yang terjadi
sehari-hari atau membantu peserta didik untuk menerima pemahaman konsep
yang lebih baik.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran PDEODE terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada
materi sistem pernapasan di Kelas XI MAS Muhammadiyah Al-Furqon Tahun
Ajaran 2021/2022. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2018
sampai dengan Oktober 2022.
Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi eksperiment)
dengan desain penelitian posttest control group design. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh kelas XI MAS Muhammadiyah Al-Furqon tahun ajaran
2021/2022. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yaitu kelas XI B sebagai
kelas eksperimen dan kelas XI A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan
data berupa tes KPS berbentuk essay sebanyak 12 butir soal. Teknik analisis data
yang digunakan adalah uji t dengan taraf signifikan sebesar (?) = 5%.
Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis, maka diperoleh
kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Predict-Discuss?Explain-Observe-Discuss-Explain (PDEODE) pada konsep sistem pernapasan
terhadap keterampilan proses sains peserta didik kelas XI MIPA MAS
Muhammadiyah Al-Furqon tahun ajaran 2021/2022.
Kata kunci: PDEODE, keterampilan proses sains, sistem pernapasan