Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan abstraksi matematis dalam
menyelesaikan soal tes kemampuan abstraksi matematis ditinjau dari adversity quotient
pada materi aljabar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode
penelitian deskriptif eksploratif. Subjek penelitian ini berasal dari kelas VII di SMP
KHZ Musthafa Sukamanah Kabupaten Tasikmalaya dengan subjek yang dipilih
sebanyak lima subjek. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa pemberian
angket ARP, tes soal kemampuan abstraksi matematis dan wawancara tidak terstruktur
untuk mengetahui kemampuan abstraksi matematis dan sejauh mana cara subjek
menghadapi kesulitan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data,
penyajian data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian menyimpulkan bahwa: Subjek
dengan tipe AQ climbers memenuhi semua indikator yaitu pengintegrasian dan
perumusan masalah, tranformasi masalah ke dalam bentuk simbol, membuat
generalisasi, pembentukan matematika terkait konsep lain, pembentukan objek
matematika lebih lanjut, formalisasi objek matematika, dan proses manipulasi symbol.
Subjek dengan tipe AQ peralihan campers ke climbers dari tujuh indikator subjek tidak
memenuhi pada indikator membuat generalisai, pembentukan konsep matematika
terkait konsep yang lain, dan pembentukan objek matematika lebih lanjut. Subjek tipe
campers tidak memenuhi semua indikator. Subjek tipe peralihan quitters ke campers
memenuhi dua indikator yaitu pengintegrasian dan perumusan masalah serta
transformasi masalah ke dalam bentuk simbol. Subjek tipe quitters tidak memenuhi
semua indikator dari tiga soal yang diberikan subjek mengerjakan dua soal.
Kata Kunci: Kemampuan Abstraksi Matematis , Adversity Quotient, Kemampuan
menghadapi kesulitan