Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi belajar pada siswa kelas XI
MIPA 2 di SMA Negeri 1 Ciniru. Penelitian ini juga membahas mengenai pengaruh dari media
pembelajaran crossword puzzle. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari
media pembelajaran crossword puzzle terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran
sejarah Indonesia di kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Ciniru. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian kuasi ekperimen dengan pretest dan posttest.
Dalam penelitian ini peneliti mengambil populasi kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Ciniru,
sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 69 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu
kelas ekperimen XI MIPA 2 dan kelas kontrol XI MIPA 3. Hasil penelitian menunjukan bahwa
pembelajaran dengan menggunakan media crossword puzzle sangat interaktif karena mampu
menumbuhkan motivasi belajar pada siswa, terbukti pada kelas XI MIPA 2 yang diberi
perlakuan menggunakan media crossword puzzle mendapatkan nilai pretest sebesar 1201 dan
nilai posttest sebesar 1710, dan mendapatkan kategori cukup baik, sedangkan kelas XI MIPA
3 tanpa diberi perlakuan mendapatkan nilai pretest sebesar 1202 dan nilai posttest sebesar 1630
dan mendapat kategori cukup baik. Pengaruh penggunaan media crossword puzzle di kelas XI
MIPA 2 berdasarkan uji hipotesis menggunakan t-test, nilai sign. (2-tailed) sebesar 0.000 <
0.05 dan nilai thitung > ttabel sebesar 11.059 > 1.99, sehingga penggunaan media crossword puzzle
berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Crossword Puzzle, Motivasi Belajar, Pembelajaran Sejarah