Abstract :
Agroindustri jus honje merupakan salah satu industri yang mengolah honje sebagai
bahan baku menjadi produk olahan berupa minuman yang siap dikonsumsi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya biaya total, harga pokok
produksi, titik impas nilai penjualan serta volume produksi, dan tingkat sensitivitas
agroindustri jus honje. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret hingga Oktober
2022 di Perusahaan Luthfi Food yang salah satu produknya Jus Honje Lakaku.
Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Data diperoleh dari data
primer dan sekunder. Analisis yang digunakan yakni analisis biaya total, harga
pokok produksi, titik impas dan sensitivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
biaya produksi total honje menjadi jus honje sebesar Rp 446.156,95 dalam satu kali
proses produksi, harga pokok produksi sebesar Rp 4.055 per 250 ml, titik impas
nilai penjualan jus honje sebesar Rp 64.810,38 dan titik impas volume produksi
sebesar 1.620,26 ml (7 botol jus honje). Sensitivitas honje menjadi jus honje dilihat
pada kenaikan harga pada honje sebesar 400 persen, hal ini menyebabkan adanya
kenaikan pada nilai penjualan menjadi Rp 113.799,34, serta kenaikan pada volume
produksi menjadi 2.844,98 ml (11 botol jus honje).
Kata kunci: agroindustri, jus honje, harga pokok produksi, sensitivitas, titik impas