Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis
matematis siswa dalam menyelesaikan suatu persoalan matematika ditinjau dari
Self Efficacy siswa dengan kategori tinggi dan rendah. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan metode Deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini dengan melakukan tes kemampuan berpikir kritis matematik siswa
sebanyak satu kali, menyebarkan angket Self Efficacy dan wawancara dengan
siswa. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan berpikir kritis
matematis, dan angket Self Efficacy. Teknik analisis data yang digunakan meliputi
reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data. Berdasarkan Hasil analisis
penelitian, menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan soal tes kemampuan
berpikir kritis matematis dengan kategori tinggi dan rendah memiliki kemampuan
Membangun keterampilan dasar, Memberikan penjelasan sederhana, Menentukan
strategi dan teknik, Memberikan penjelasan lanjut , dan Menyimpulkan terlepas
dari jawaban benar atau salah. Selain memenuhi indikator siswa dengan kategori
tinggi memiliki sikap pantang menyerah, berani mencoba dan berusaha keras
kemudian mampu menggunakan strategi maupun langkah-langkah yang tepat
dalam menyelesaikan pertanyaan dengan terstruktur dan benar dalam
mengerjakannya, namun siswa dengan kategori rendah memiliki sifat khawatir,
sehingga tidak berani mencoba, meski mampu menggunakan langkah-langkah
pengerjaan yang tepat tetapi masih kurang tepat dalam melakukan perhitungan.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Statistika, Self Efficacy