Abstract :
Kualitas pelayanan kesehatan merupakan salah satu faktor penting dalam
pemanfaatan layanan Puskesmas. Kepuasan pasien merupakan salah satu tujuan
dari peningkatan kualitas layanan. Jenis penelitian ini termasuk penelitian survei
analitik dengan desain Cross Sectional yaitu suatu penelitian untuk mempelajari
dinamika hubungan antara faktor-faktor terhadap suatu akibat , melalui pendekatan
observasi. Tekhnik yang digunakan dalam pengambilan Sampel pada penelitian ini
yaitu menggunakan tekhnik accidental sampling dimana pasien didapatkan secara
kebetulan datang dan menerima pelayanan kesehatan di Puskesmas Mangkubumi.
Hasil penelitian menunjukan nilai p 0,000< 0,05 yang artinya ada hubungan. Hasil
yang didapatkan pada penelitian ini yaitu Ada hubungan antara kualitas pelayanan
kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance),
perhatian (empathy) dan bukti fisik (tangibles) terhadap kepuasan pasien di
puskesmas Mangkubumi Kota Tasikmalaya tahun 2023. Saran yang diberikan bagi
Puskesmas yaitu petugas harus selalu ada dibagian luar ruangan puskesmas untuk
melakukan pengecekan suhu tubuh sebelum pasien masuk ke ruangan Puskesmas,
diperlukan upaya peningkatan respon petugas secara cepat dalam melayani pasien,
dilakukan peningkatan dan perbaikan yang berkaitan dengan fasilitas sarana dan
prasana yang menunjang sesuai dengan perkembangan zaman.
Kata Kunci: Kehandalan; Jaminan, Kualitas pelayanan, Kepuasan, Kesehatan