Abstract :
Penelitian ini membahas masalah mengenai kurangnya minat mahasiswa
terhadap technopreneurship, Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh dari Literasi Digital dan Konformitas terhadap Minat
Technopreneurship. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
penelitian kuantitatif jenis survei dan desain penelitian survei eksplanatori. Populasi
dalam penelitian ini yaitu Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Angkatan 2019 yang berjumlah 104 orang.
Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh yang
menjadikan seluruh populasi sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data
menggunakan angket dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi
linear berganda dengan uji t dan uji F. Dari hasil penelitian didapatkan data bahwa
Minat Technopreneurship masuk ke dalam kategori tinggi dengan nilai sebesar
7.996, Literasi Digital masuk ke dalam kategori tinggi dengan nilai sebesar 7.681
dan Konformitas termasuk kategori tinggi juga dengan nilai 5.543. Hasil uji parsial
menunjukan bahwa Literasi Digital berpengaruh positif secara signifikan terhadap
Minat Technopreneurship dengan nilai signifikansi 0,000 dan Konformitas
berpengaruh positif secara sigifikan terhadap Minat Technopreneurship dengan nilai
signifikansi 0,000. Secara simultan Literasi Digital dan Konformitas terhadap Minat
Technopreneurship diperoleh nilai Fhitung > Ftabel dan signifikansi < 0,05, hasil
tersebut menunjukan terdapat pengaruh signifikan antara Literasi Digital dan
Konformitas terhadap Minat Technopreneurship Mahasiswa dengan nilai koefisien
determinasi 60,9%.
Kata Kunci : Konformitas, Literasi Digital, Minat Technopreneurship