Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengembangan E-LKPD berbantuan game
edukasi WordWall pada materi Limas untuk mengeksplor kemampuan representasi
matematis peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and
Development (RnD) dengan model pengembangan Analysis, Design, Development,
Implementation, dan Evaluation (ADDIE). Teknik pengumpulan data yang dilakukan
yaitu dengan wawancara, lembar penilaian ahli, angket, dan soal tes kemampuan
representasi matematis. Instrumen yang digunakan yaitu lembar kisi-kisi wawancara,
penilaian para ahli, respon peserta didik dan soal tes kemampuan representasi matematis
untuk penilaian efektivitas. Sumber data penelitian ini adalah dua ahli materi untuk
menilai kualitas isi dan tujuan, dua ahli media untuk menilai kualitas teknis, peserta didik
kelas VIII C dan E SMP Negeri 2 Tasikmalaya untuk mengetahui respon peserta didik
sebagai pengguna. Berdasarkan hasil validasi, E-LKPD berbantuan game edukasi
WordWall pada materi Limas dinyatakan sangat layak oleh ahli materi dan ahli media
serta respon peserta didik sebagai pengguna memperoleh kategori sangat baik.
Efektivitas penggunaan E-LKPD berbantuan game edukasi WordWall pada materi
Limas untuk mengeksplor kemampuan representasi matematis peserta didik berdasarkan
perhitungan effect size yang diperoleh sebesar 3,04 dengan kategori ?efektivitas tinggi?.
Kata kunci: Pengembangan E-LKPD, Game Edukasi WordWall, Kemampuan
Representasi Matematis Peserta Didik