Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Logan Avenue
Problem Solving (LAPS) ? Heuristic terhadap kemampuan berpikir komputasional dan
motivasi belajar peserta didik, serta mengetahui kemampuan berpikir komputasional dan
motivasi belajar peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model Logan Avenue
Problem Solving (LAPS) ? Heuristic. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian posttest-only control group
design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2
Sukaratu. Sampel pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII-1 sebagai kelas
eksperimen dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan
teknik random sampling (random assignment). Instrumen yang digunakan yaitu tes
uraian kemampuan berpikir komputasional dan angket motivasi belajar peserta didik.
Teknik analisis data berupa statistika deskriptif dan statistika inferensial dengan
menganalisis serta mengukur kemampuan berpikir komputasional dan motivasi belajar
peserta didik menggunakan Microsoft Excel 2016. Uji normalitas menggunakan Chi
Kuadrat, uji homogenitas menggunakan uji F, uji hipotesis kemampuan berpikir
komputasional uji dua rata-rata (pihak kanan) menggunakan Independent Sample T-Test
dan uji hipotesis motivasi belajar peserta didik menggunakan uji Mann-Whitney (pihak
kanan). Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
penggunaan model pempelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS) ? Heuristic
terhadap kemampuan berpikir komputasional dan motivasi belajar peserta didik.
Kemampuan berpikir komputasional peserta didik yang pembelajarannya menggunakan
model Logan Avenue Problem Solving (LAPS) ? Heuristic pada kategori tinggi 42,31%,
pada kategori sedang 46,15%, pada kategori rendah 11,54%, dan rata-rata skor secara
keseluruhan sebesar 10,15 atau 63,44% yaitu pada kategori sedang. Motivasi belajar
peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving
(LAPS) ? Heuristic pada kategori tinggi 26,92%, pada kategori sedang 34,62%, pada
kategori rendah 38,46%, dan rata-rata skor secara keseluruhan sebesar 62,35 atau 70,85%
yaitu pada kategori sedang.
Kata kunci: Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS) ? Heuristic,
Kemampuan Berpikir Komputasional, Motivasi Belajar