Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis
dan kecemasan matematika peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model
learning cycle 7E berbantuan wordwall dan pengaruh penggunaan model learning cycle
7E berbantuan wordwall terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan
kecemasan matematika peserta didik. Metode peneilitan eksperimen dengan desain
penelitian posttest-only kontrol group design. Populasi penelitian seluruh peserta didik
kelas VII SMPN 1 Sukaraja. Sampel penelitian kelas VII G (eksperimen) dan VII J
(kontrol). Teknik sampel random assignment. Instrumen yang digunakan tes uraian dan
angket. Teknik analisis data berupa statistika deskriptif dan statistika inferensial dengan
menganalisis serta mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis dan
kecemasan matematika peserta didik menggunakan Microsoft Excel 2016. Uji normalitas
Shapiro Wilk, uji hipotesis menggunakan uji Mann Whitney U (pihak kanan dan pihak
kiri). Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan
masalah matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model learning
cycle 7E berbantuan wordwall sebanyak 14 (46,67%) peserta didik pada kategori tinggi,
7 (23,33%) peserta didik pada kategori sedang dan 9 (30%) peserta didik pada kategori
rendah, rata-rata skor secara keseluruhan sebesar 18,30 (61%) yaitu pada kategori
sedang. Kecemasan matematika peserta didik yang pembelajarannya menggunakan
model learning cycle 7E dengan berbantuan wordwall, sebanyak 4 (13,33%) peserta
didik pada kategori tinggi, 21 (70%) peserta didik pada kategori sedang dan 5 (16,67%)
peserta didik pada kategori rendah, rata-rata skor secara keseluruhan sebesar 58,39
(66,35%) yaitu pada kategori sedang, serta terdapat pengaruh penggunaan model
learning cycle 7E berbantuan wordwall terhadap kemampuan pemecahan masalah
matematis dan kecemasan matematika peserta didik.
Kata kunci: Model learning cycle 7E, Wordwall, Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematis, Kecemasan Matematika