Abstract :
Mengacu pada silabus Kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia, salah
satu Kompetensi Dasar yang harus dicapai peserta didik yaitu menelaah sebuah teks.
Kompetensi tersebut yaitu KD 3.12 menelaah struktur dan kebahasaan fabel/legenda
daerah setempat yang dibaca dan didengar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams
Games Tournament berbasis Mobile Games terhadap kemampuan menelaah struktur
dan kebahasaan fabel yang dibaca pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 10
Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini juga diharapkan dapat
menemukan model pembelajaran yang cocok digunakan pada pembelajaran yang
menuntut keaktifan peserta didik namun tetap menyenangkan dan berbasis teknologi.
Metode yang digunakan adalah metode eksperimen sungguhan dengan proses
mengontrol variabel-variabel yang terdapat di kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu teknik observasi, wawancara
dan teknik tes. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII SMP Negeri
10 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023. Sampel penelitian ini yaitu kelas VII D yang
berjumlah 31 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E yang berjumlah 31 orang
sebagai kelas kontrol.
Dari hasil penelitian penulis mendapatkan data angka yang kemudian diolah
menggunakan perhitungan statistik, diketahui bahwa nilai rata-rata pretest kelas
eksperimen sebesar 62,5 dan nilai rata-rata posttest eksperiemn sebesar 85,5, dengan
nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 62,2 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol
sebesar 80,4. Hasil uji beda dengan n-gain rata-rata pretest dan posttest kelas
eksperimen lebih tinggi yaitu 62% dibanding dengan nilai n-gain rata-rata pretest dan
posttest yang didapat oleh kelompok kelas kontrol yaitu 49% dengan perbedaan antara
kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 13%.
Hasil uji beda nilai rata-rata posttest kelas eksperimen dan nilai rata-rata posttest
kelas kontrol dengan menggunakan Wilcoxon diketahui bahwa