Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis
ditinjau dari kecerdasan spasial pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian
inimerupakan penelitian kualitatif dengan metode eksploratif. Teknik pengumpulan data
terdiri dari tes kemampuan berpikir kreatif, angket kecerdasan spasial, dan wawancara.
Instrument penelitian yang digunakan yaitu soal tes kemampuan berpikir kreatif
matematis dan angket kecerdasan spasial. Subjek dalam penelitian ini berjumlah tiga
orang dari kelas VIII-B di SMP Negeri 11 Tasikmalaya yaitu satu orang dari masing?masing kategori kecerdasan spasial. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh
bahwa: Subjek dengan kecerdasan spasial tinggi (S-3) mampu memenuhi indikator
kelancaran, mampu memenuhi indikator kelenturan dengan menemukan empat bangun
yang benar dan tanpa mengalami kesulitan, mampu memenuhi indikator keaslian dengan
menemukan dua penyelesaian dengan caranya sendiri, mampu memenuhi indikator
elaborasi dengan dapat memerinci jawaban dengan detail. Subjek dengan kecerdasan
spasial sedang (S-22) mampu memenuhi indikator kelancaran, mampu memenuhi
indikator kelenturan dengan menemukan dua bangun yang benar, mampu memenuhi
indikator keaslian dengan menemukan satu penyelesaian dengan caranya sendiri, mampu
memenuhi indikator elaborasi dengan dapat memerinci jawaban dengan detail. Subjek
dengan kecerdasan spasial rendah (S-11) mampu memenuhi semua indikator kelancaran,
mampu memenuhi indikator kelenturan dengan menemukan satu penyelesaian yang
benar, mampu memenuhi indikator keaslian dengan menemukan satu penyelesaian
dengan caranya sendiri meskipun terdapat kesalahan dalam perhitungannya, serta
mampu memenuhi indikator elaborasi dengan memerinci jawaban secara detail.
Kata kunci: Analisis, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Kecerdasan Spasial,
Bangun Ruang Sisi Datar