Abstract :
Masalah dalam penelitian ini adalah mengenai rendahnya hasil belajar
dilihat dari kurang optimalnya nilai ujian tengah semester. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh kesadaran metakognitif dan motivasi belajar terhadap
hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survey dengan desain
eksplanatori reseach. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa jurusan IPS kelas
11 dan 12 di SMAN 10 Tasikmalaya dengan jumlah 204 orang siswa. Teknik
pengambilan sampel dengan sampling jenuh dan diperoleh 204 responden. Teknik
pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis data menggunakan
uji nomalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis
regresi linier berganda, uji koefisien determinasi R2
, uji T, dan uji F. Hasil
penelitian menunjukan bahwa 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan
kesadaran metakognitif tehadap hasil belajar dengan nilai signifikan (0,000 < 0,05).
2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar
dengan nilai signifikan (0,002 < 0,05). Simpulan dari penelitian ini yaitu terdapat
pengaruh positif dan signifikan kesadaran metakognitif dan motivasi belajar
terhadap hasil belajar.
Kata Kunci : metakognitif, motivasi.