DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KESADARAN METAKOGNITIF DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR (Survey Pada Siswa Kelas X, XI IPS SMAN 10 Tasikmalaya)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Siliwangi
Author
BAKTI, ADE PURNAMA
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2023-08-14 00:09:32 
Abstract :
Masalah dalam penelitian ini adalah mengenai rendahnya hasil belajar dilihat dari kurang optimalnya nilai ujian tengah semester. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran metakognitif dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survey dengan desain eksplanatori reseach. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa jurusan IPS kelas 11 dan 12 di SMAN 10 Tasikmalaya dengan jumlah 204 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dengan sampling jenuh dan diperoleh 204 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis data menggunakan uji nomalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi R2 , uji T, dan uji F. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kesadaran metakognitif tehadap hasil belajar dengan nilai signifikan (0,000 < 0,05). 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan nilai signifikan (0,002 < 0,05). Simpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh positif dan signifikan kesadaran metakognitif dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Kata Kunci : metakognitif, motivasi. 
Institution Info

Universitas Siliwangi