Abstract :
Kepuasan pasien merupakan bagian terpenting dalam mengukur sebuah kinerja
petugas layanan kesehatan. Waktu tunggu pelayanan rawat jalan menjadi salah satu
unsur yang dapat menyebabkan ketidakpuasan pasien apabila pelayanan yang
diberikan cukup lama. Rata-rata kepuasan pasien pada indikator waktu tunggu
pelayanan di Poliklinik Anak merupakan salah satu indikator terendah dengan nilai
3,041. Tujuan dari penelitian ini adalah ntuk mengetahui hubungan waktu tunggu
pelayanan dengan kepuasan pasien di Poliklinik Anak RSUD Singaparna Medika
Cirautama Kabupaten Tasikmalaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif
dengan desain penelitian analitik observasional dengan metode penelitian yang
digunakan adalah metode survey dengan pendekatan studi cross sectional. Teknik
pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Teknik pengumpulan data
yaitu melalui wawancara dengan instrumen kuesioner. Populasi penelitian ini
adalah pasien Poliklinik Anak. Penelitian dilakukan terhadap sampel sebanyak 212
responden dari populasi 473 angka kunjungan perbulan. Analisis data terdiri dari
analisis univariat dan analisis bivariat menggunakan uji korelasi spearman rank.
Hasil uji statistik didapatkan nilai p value = 0,000 <