DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI POLIKLINIK ANAK RSUD SINGAPARNA MEDIKA CITRAUTAMA (SMC) KABUPATEN TASIKMALAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Siliwangi
Author
ASTUTI, WIDIA SRI
Subject
RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine 
Datestamp
2023-08-14 00:09:37 
Abstract :
Kepuasan pasien merupakan bagian terpenting dalam mengukur sebuah kinerja petugas layanan kesehatan. Waktu tunggu pelayanan rawat jalan menjadi salah satu unsur yang dapat menyebabkan ketidakpuasan pasien apabila pelayanan yang diberikan cukup lama. Rata-rata kepuasan pasien pada indikator waktu tunggu pelayanan di Poliklinik Anak merupakan salah satu indikator terendah dengan nilai 3,041. Tujuan dari penelitian ini adalah ntuk mengetahui hubungan waktu tunggu pelayanan dengan kepuasan pasien di Poliklinik Anak RSUD Singaparna Medika Cirautama Kabupaten Tasikmalaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian analitik observasional dengan metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan studi cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Teknik pengumpulan data yaitu melalui wawancara dengan instrumen kuesioner. Populasi penelitian ini adalah pasien Poliklinik Anak. Penelitian dilakukan terhadap sampel sebanyak 212 responden dari populasi 473 angka kunjungan perbulan. Analisis data terdiri dari analisis univariat dan analisis bivariat menggunakan uji korelasi spearman rank. Hasil uji statistik didapatkan nilai p value = 0,000 < 
Institution Info

Universitas Siliwangi