Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Penggunaan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team achievement Division (STAD) Kelas
XI IPA 5 SMA Negeri 1 Pangandaran Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan
pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan
studi dokumen. Intrumen yang digunakan untuk menyaring data adalah catatan
lapangan, pedoman wawancara dan beberapa dokumen termasuk foto dan gambar.
Analisis data dilakukan dengan menggunakan cara triangulasi dengan dua cara
yakni triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan
bahwa Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team
Achievement Division (STAD) Kelas XI IPA 5 SMA Negeri 1 Pangandaran
merupakan pilihan yang baik karena keterbatasan waktu yang tersedia tidak
menjadi halangan untuk proses pembelajaran. Kelemahan model pembelajaran ini
adalah waktu yang tersedia berlangsung lama.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Student Team Achievement
Division (STAD)