DETAIL DOCUMENT
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS XI IPA 5 SMA NEGERI 1 PANGANDARAN SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2022/2023
Total View This Week0
Institusion
Universitas Siliwangi
Author
NUGRAHA, GANI KURNIA
Subject
LA History of education 
Datestamp
2023-08-11 03:41:03 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team achievement Division (STAD) Kelas XI IPA 5 SMA Negeri 1 Pangandaran Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Intrumen yang digunakan untuk menyaring data adalah catatan lapangan, pedoman wawancara dan beberapa dokumen termasuk foto dan gambar. Analisis data dilakukan dengan menggunakan cara triangulasi dengan dua cara yakni triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Kelas XI IPA 5 SMA Negeri 1 Pangandaran merupakan pilihan yang baik karena keterbatasan waktu yang tersedia tidak menjadi halangan untuk proses pembelajaran. Kelemahan model pembelajaran ini adalah waktu yang tersedia berlangsung lama. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Student Team Achievement Division (STAD) 
Institution Info

Universitas Siliwangi