Abstract :
Hasil wawancara survey awal yang dilakukan oleh peneliti terhadap 35 responden
di poliklinik mata RSUD Kabupaten Ciamis diperoleh bahwa masih terdapat pasien
yang kurang loyal terhadap rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
faktor-faktor yang berhubungan dengan loyalitas pasien rawat jalan poli mata di
RSUD Kabupaten Ciamis. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan pendekatan cross
sectional. Populasi penelitian ini adalah pasien yang berobat di poli mata. Sampel
diambil dengan teknik Accidental sampling dengan melakukan wawancara
menggunakan kuesioner kepada 188 pasien yang memenuhi kriteria inklusi.
Analisis data terdiri dari analisis univariat dan bivariate menggunakan uji chi?square. Variabel bebas terdiri dari kepuasan pasien, persepsi kualitas pelayanan,
dan kepercayaan sedangkan variabel terikatnya adalah loyalitas pasin poli mata.
Hasil uji chi-square menunjukkan bahwa terdapat hubungan kepuasan pasien
(p<0,001), persepsi kualitas pelayanan (p=0,002), dan kepercayaan (p<0,001)
dengan loyalitas pasien. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan antara
kepuasan pasien, persepsi kualitas pelayanan, dan kepercayaan dengan loyalitas
pasien poli mata. Diharapkan rumah sakit dapat lebih meningkatkan lagi kelima
faktor kualitas layanan, khususnya pada dimensi daya tanggap, ketepatan,
kecepatan, dan memberikan pelatihan secara berkala bagi karyawannya.
Kata Kunci : Loyalitas Pasien, Kepuasan Pasien, Persepsi Kualitas Pelayanan,
Kepercayaan