Abstract :
ABSTRAK
STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PELAYANAN
CUSTOMER SERVICE (CS) PRODUK TABUNGAN EASY WADIAH PADA
NASABAH REGULER DAN PRIORITAS DI BANK SYARIAH
INDONESIA KC TASIKMALAYA MASJID AGUNG
Oleh:
CHANDRIKA SARI
203404025
Pembimbing I : Yuyun Yuniasih S.E., M. Si.
Pembimbing II: Andri Helmi Munawar., S.E., M.M
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Standar Operasional
Prosedur (SOP) Pelayanan Customer Service (CS) Produk Tabungan Easy
Wadiah pada Nasabah Reguler dan Prioritas di Bank Syariah Indonesia KC
Tasikmalaya Masjid Agung. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan
kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi
kepustakaan, wawancara mendalam, dan observasi langsung. Berdasarkan hasil
analisis, Standar Operasional Prosedur (SOP) pelayanan Customer Service (CS)
produk Tabungan Easy Wadiah pada nasabah reguler dan prioritas itu dengan
standar yang sama. Namun nasabah prioritas terdapat keunggulan dibandingkan
nasabah reguler yaitu pada benefitnya. Dengan hambatan internal dan eksternal,
yaitu komputer yang eror, nasabah yang terus komplain, nasabah yang mendapat
panggilan telepon saat sedang dilayani, dan nasabah lanjut usia yang kurang
paham digital. Dan solusi dari hambatan tersebut, yaitu mengecek sistem
komputer, tanggap menangani keluhan nasabah, mengizinkan nasabah menjawab
panggilan dengan tenggat waktu yang ditentukan, bersabar dengan nasabah lanjut
usia yang kurang paham dengan digital.
Kata kunci : Standar Operasional Prosedur (SOP), pelayanan, Customer Service
(CS), nasabah (reguler dan prioritas), Bank Syariah.