DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, SOCIAL INFLUENCE, DAN RELIGIUSITAS TERHADAP PENGGUNAAN PAYLATER (Studi Kasus Pada Pengguna Shopee Paylater Di Jawa Barat)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Siliwangi
Author
Syabanah, Ayu Lestari
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2023-05-30 05:50:46 
Abstract :
ABSTRAK Ayu Lestari Syabanah, 2023, Pengaruh Kualitas Pelayanan, Social Influence, dan Religiusitas Terhadap Penggunaan Paylater (Studi Kasus Pada Pengguna Shopee Paylater Di Jawa Barat): Program Studi Ekonomi Syariah Universitas Siliwangi. Metode pembayaran paylater menjadi salah satu sistem pembayaran yang digunakan konsumen saat melakukan transaksi secara online. Paylater menawarkan pinjaman online dalam pembelian barang dengan sistem beli sekarang, bayar nanti yang kemudian menarik biaya tambahan/bunga saat mengembalikan pinjaman tersebut. Platform marketplace yang paling banyak digunakan dalam transaksi tersebut yaitu Shopee paylater. Banyak faktor yang mempengaruhi penggunaan Shopee paylater. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, social influence, dan religiusitas terhadap keputusan penggunaan Shopee paylater Di Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan populasi dan sampel pengguna Shopee paylater Di Jawa Barat sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuisioner yang dinilai melalui skala likert. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: koefisien korelasi, koefisien regresi, koefisien determinasi, uji t dan uji F dengan aplikasi progam SPSS 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) kualitas pelayanan berpengaruh terhadap penggunaan Shopee paylater sebesar 30,1% positif dan signifikan dengan nilai thitung 6,504 pada tingkat signifikan 0,000 < 0,05, 2) social influence berpengaruh terhadap penggunaan Shopee paylater sebesar 17,3% positif dan signifikan dengan nilai thitung 4,525 pada tingkat signifikan 0,000 < 0,05, 3) religiusitas berpengaruh terhadap penggunaan Shopee paylater sebesar 9,9% positif dan signifikan dengan nilai thitung 3,280 pada tingkat signifikan 0,001 < 0,05, 4) kualitas pelayanan, social influence, dan religiusitas berpengaruh terhadap penggunaan Shopee paylater sebesar 42,9% positif dan signifikan dengan nilai Fhitung 24,085 pada tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan, social influence, dan religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan Shopee paylater baik secara parsial maupun simultan. Kata Kunci: Shopee paylater, kualitas pelayanan, social influence, religiusitas, keputusan penggunaan 
Institution Info

Universitas Siliwangi