Abstract :
ABSTRAK
Ayu Lestari Syabanah, 2023, Pengaruh Kualitas Pelayanan, Social Influence,
dan Religiusitas Terhadap Penggunaan Paylater (Studi Kasus Pada
Pengguna Shopee Paylater Di Jawa Barat): Program Studi Ekonomi
Syariah Universitas Siliwangi.
Metode pembayaran paylater menjadi salah satu sistem pembayaran yang
digunakan konsumen saat melakukan transaksi secara online. Paylater
menawarkan pinjaman online dalam pembelian barang dengan sistem beli
sekarang, bayar nanti yang kemudian menarik biaya tambahan/bunga saat
mengembalikan pinjaman tersebut. Platform marketplace yang paling banyak
digunakan dalam transaksi tersebut yaitu Shopee paylater. Banyak faktor yang
mempengaruhi penggunaan Shopee paylater. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, social influence, dan religiusitas terhadap
keputusan penggunaan Shopee paylater Di Jawa Barat.
Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan
populasi dan sampel pengguna Shopee paylater Di Jawa Barat sebanyak 100
responden. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuisioner yang dinilai
melalui skala likert. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: koefisien korelasi,
koefisien regresi, koefisien determinasi, uji t dan uji F dengan aplikasi progam
SPSS 25.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) kualitas pelayanan berpengaruh
terhadap penggunaan Shopee paylater sebesar 30,1% positif dan signifikan dengan
nilai thitung 6,504 pada tingkat signifikan 0,000 < 0,05, 2) social influence
berpengaruh terhadap penggunaan Shopee paylater sebesar 17,3% positif dan
signifikan dengan nilai thitung 4,525 pada tingkat signifikan 0,000 < 0,05, 3)
religiusitas berpengaruh terhadap penggunaan Shopee paylater sebesar 9,9% positif
dan signifikan dengan nilai thitung 3,280 pada tingkat signifikan 0,001 < 0,05, 4)
kualitas pelayanan, social influence, dan religiusitas berpengaruh terhadap
penggunaan Shopee paylater sebesar 42,9% positif dan signifikan dengan nilai
Fhitung 24,085 pada tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan
bahwa kualitas pelayanan, social influence, dan religiusitas berpengaruh positif dan
signifikan terhadap penggunaan Shopee paylater baik secara parsial maupun
simultan.
Kata Kunci: Shopee paylater, kualitas pelayanan, social influence, religiusitas,
keputusan penggunaan