Abstract :
ABSTRAK
PERANAN FRONTLINER DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS
NASABAH DI PT. BANK BJB KCP YANTAP KABUPATEN. GARUT
Oleh:
Muhammaf Ihsan Fauzan
NPM. 203404114
Pembimbing I : Ir. Hj. Noneng Masitoh, M.M.
Pembimbing II : Dedeh Sri Sudaryanti, SP., M.M.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui sejauh mana peranan seorang
petugas frontliner dalam meningkatkan loyalitas Nasabah di PT. Bank
Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten TBK. Kantor Cabang Pembantu
Yantap Kabupaten Garut, Serta hambatan yang ditemukan dan cara
penyelesaiannya. Teknik dalam pengumpulan data pada penelitian ini, penulis
menggunakan metode wawancara mendalam dengan salah satu pegawai Bank
Pembangunan Daerah Jawab Barat dan Banten Kantor Cabang Pembantu Yantap
Kabupaten. Garut untuk mendapatkan informasi mengenai peran frontliner dan
melakukan observsi mendalam. Padahasil hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
peran frontliner merupakan elemen yang sangat penting dan menjadi barisan paling
depan yang langsung berhadapan dengan nasabah dan calon nasabah. Kesimpulan
yang di dapat dalam penelitian ini adalah bagaimana peran frontliner dalam
meingkatkan loyalitas nasabah, penulis juga memberikan saran kepada PT. Bank
Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Kantor Cabang Pembantu Yantap
Kab Garut. Agar bisa cepet menangani berbagai macam kendala yang terdapat di
lapangan.
Kata kunci: Peranan, Frontliner, Loyalitas Nasabah, Bank