Abstract :
ABSTRAK
ULUN ANDHARA RENGGANA. 2022. Persepsi Guru Pembimbing terhadap
Keterampilan Mengajar Mahasiswa PLP Pendidikan Jasmani Tahun 2019
Di SMP dan SMA Se-Kota Tasikmalaya. Jurusan Pendidikan Jasmani, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya.
Guru merupakan bagian penting dalam proses belajar mengajar, baik di jalur
pendidikan formal maupun nonformal. Sebagai guru pada dasarnya mempunyai
peranan ganda bahkan multi fungsi sebagai pendidik yang harus mampu
menyalurkan nilai-nilai ilmu pengetahuan, sekaligus sebagai pendidik bagi anak
didik dan dianggap sebagai orang tua di sekolah, dan juga sebagai tenaga pendidik
untuk menunjang peran orang tua sebagai pondasi dasar pendidikan informal.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana kategori skor
kriterium Persepsi Guru Pamong terhadap Keterampilan Mengajar Mahasiswa
PLP Tahun 2019 Jurusan Pendidikan Jasmani di SMP DAN SMA Negeri se- Kota
Tasikmalaya. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif
kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan data, analisis data dan
pengujian hipotesis, maka dapat disimpulkan bahwa Persepsi Guru Pamong
Terhadap Keterampilan Mengajar Mahasiswa PLP Tahun 2019 Jurusan
Pendidikan Jasmani di SMP DAN SMA Negeri se-Kota Tasikmalaya dinyatakan
sangat baik.
Kata kunci : Keterampilan Mengajar Mahasiswa, Persepsi Guru Pamong