Abstract :
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi dengan aplikasi pembelajaran yang
merupakan salah satu media pembelajaran yang mengikuti perkembangan teknologi
informasi. Aplikasi pembelajaran juga dapat membantu pelajar dalam memahami
materi yang diajarkan. Dari aplikasi pembelajaran ini terdapat sebuah kuis atau soal
tentang materi yang ada dan dipilih oleh pengguna. Soal atau pertanyaan yang
muncul dari setiap materi terdapat 10 pertanyaan yang berhubungan dengan materi
tersebut. Karena soal yang diberikan tidak dilakukan pengacakan, maka akan sangat
mudah untuk menebak jawaban dari setiap soal yang diberikan. Berdasarkan
permasalahan tersebut diatas, sebagai solusi untuk mencegah terjadinya penyajian
soal dan hasil jawaban yang dapat di diingat patternoleh pengguna, maka harus
digunakan suatu algoritma yang mampu memberikan soal secara acak pada media
pembelajaran berbasis android ini. Metode pengembangan yang digunakan adalah
MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Algoritma Fisher-Yates Shuffle
menjadi solusi untuk menyelesaikan permasalahan diatas. Pengujian yang telah
dilakukan dengan metode pengujian SUS (System Usability Scale) mendapatkan
nilai akhir rata-rata 70,42% dan nilai tersebut dapat tergolong ?baik? dengan
interpretasi pedoman penilaian nilai SUS.
Kata Kunci : Algoritma Fisher Yates Shuffle, Android, MDLC, System Usability
Scale