DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMFORMULASIKAN UNSUR KEBAHASAAN SERTA MENYUSUN SURAT LAMARAN PEKERJAAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUAL (TAI) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas XII SMK Ar-Rizqi Bina Insani Tah
Total View This Week0
Institusion
Universitas Siliwangi
Author
Andaresi, Rahmi
Subject
PK Indo-Iranian 
Datestamp
2023-06-05 05:04:47 
Abstract :
ABSTRAK Rahmi Andaresi 2022. Peningkatan Kemampuan Memformulasikan Unsur Kebahasaan Serta Menyusun Surat Lamaran Pekerjaan dengan Menggunakan Model Pembelajaran Team Assisted Individual (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas XII SMK Ar?Rizqi Bina Insani Tahun Ajaran 2022/2023) Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi. Memformulasikan unsur kebahasaan serta menyusun surat lamaran pekerjaan merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas XII SMA/SMK/MA berdasarkan Kurikulum 2013 Revisi. Namun, peserta didik kelas XII OTKP 1 SMK Ar-Rizqi Bina Insani tahun ajaran banyak yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Team Assisted Individual dalam meningkatkan kemampuan memformulasikan unsur kebahasaan serta menyusun surat lamaran pekerjaan. Oleh karena itu penulis melaksanakan penelitian dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individual (TAI) pada peserta didik kelas XII SMK AR-Rizqi Bina Insani Tahiun Ajaran 2022/2023. Penelitian dilakukan dua siklus. Setiap siklus terdapat empat tahap yaitu (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan, (3) tahap pengamatan, dan (4) tahap refleksi. Berdasarkan hasil pengolahan nilai siklus kesatu, pada aspek pengetahuan 3.2 tentang memformulasikan unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan sebanyak 9 orang (45%) telah mencapai KKM dan 11 orang (55%) belum mencapai KKM. Pada aspek 4.2 menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memperhatikan isi, sistematika dan kebahasaan sebanyak 14 orang (70%) sudah mencapai KKM dan sebanyak 6 orang (30%) belum mencapai KKM. Pada siklus kedua kemampuan peserta didik pada aspek pengetahuan dan keterampilan mengalami peningkatan, seluruh peserta didik (100%) telah mencapai KKM yaitu 75. Penulis juga menyajikan data statistika, berdasarkan hasil uji normalitas data nilai memformulasikan unsur kebahasaan serta menyusun surat lamaran pekerjaan siklus kesatu dan siklus kedua data berdistribusi tidak normal. Penulis menghitung uji beda dengan uji Wilcoxon. Uji Wilcoxon menunjukan bahwa W hitung (0) lebih kecil daripada nilai W tabel dalam taraf signifikasi 0,01. Penulis menyimpulkan bahwa hipotesis penelitian ini dapat diterima. Artinya model pembelajaran Team Assisted Individual (TAI) dapat meningkatkan kemampuan memformulasikan unsur kebahasaan serta menyusun surat lamaran pekerjaan pada peserta didik kelas XII OTKP 1 SMK Ar-Rizqi Bina Insani tahun ajaran 2022/2023. 
Institution Info

Universitas Siliwangi