Abstract :
ABSTRAK
Rahmi Andaresi 2022. Peningkatan Kemampuan Memformulasikan
Unsur Kebahasaan Serta Menyusun Surat Lamaran Pekerjaan dengan
Menggunakan Model Pembelajaran Team Assisted Individual
(Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas XII SMK Ar?Rizqi Bina Insani Tahun Ajaran 2022/2023) Jurusan Pendidikan
Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi.
Memformulasikan unsur kebahasaan serta menyusun surat lamaran
pekerjaan merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik
kelas XII SMA/SMK/MA berdasarkan Kurikulum 2013 Revisi. Namun, peserta
didik kelas XII OTKP 1 SMK Ar-Rizqi Bina Insani tahun ajaran banyak yang
belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Team Assisted
Individual dalam meningkatkan kemampuan memformulasikan unsur kebahasaan
serta menyusun surat lamaran pekerjaan. Oleh karena itu penulis melaksanakan
penelitian dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas menggunakan
model pembelajaran Team Assisted Individual (TAI) pada peserta didik kelas XII
SMK AR-Rizqi Bina Insani Tahiun Ajaran 2022/2023.
Penelitian dilakukan dua siklus. Setiap siklus terdapat empat tahap yaitu (1)
tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan, (3) tahap pengamatan, dan (4) tahap
refleksi. Berdasarkan hasil pengolahan nilai siklus kesatu, pada aspek
pengetahuan 3.2 tentang memformulasikan unsur kebahasaan surat lamaran
pekerjaan sebanyak 9 orang (45%) telah mencapai KKM dan 11 orang (55%)
belum mencapai KKM. Pada aspek 4.2 menyusun surat lamaran pekerjaan dengan
memperhatikan isi, sistematika dan kebahasaan sebanyak 14 orang (70%) sudah
mencapai KKM dan sebanyak 6 orang (30%) belum mencapai KKM. Pada siklus
kedua kemampuan peserta didik pada aspek pengetahuan dan keterampilan
mengalami peningkatan, seluruh peserta didik (100%) telah mencapai KKM yaitu
75.
Penulis juga menyajikan data statistika, berdasarkan hasil uji normalitas
data nilai memformulasikan unsur kebahasaan serta menyusun surat lamaran
pekerjaan siklus kesatu dan siklus kedua data berdistribusi tidak normal. Penulis
menghitung uji beda dengan uji Wilcoxon. Uji Wilcoxon menunjukan bahwa W
hitung (0) lebih kecil daripada nilai W tabel dalam taraf signifikasi 0,01.
Penulis menyimpulkan bahwa hipotesis penelitian ini dapat diterima.
Artinya model pembelajaran Team Assisted Individual (TAI) dapat meningkatkan
kemampuan memformulasikan unsur kebahasaan serta menyusun surat lamaran
pekerjaan pada peserta didik kelas XII OTKP 1 SMK Ar-Rizqi Bina Insani tahun
ajaran 2022/2023.