DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS MODEL LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIK PESERTA DIDIK (Penelitian Terhadap Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Tasikmalaya)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Siliwangi
Author
HARDIYANTI, SITI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2019-09-16 02:52:38 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) efektivitas model Learning Cycle 7E terhadap kemampuan penalaran matematik, (2) kemandirian belajar peserta didik selama pembelajaran dengan menggunakan model Learning Cycle 7E, dan (3) asosiasi antara kemampuan penalaran matematik dengan kemandirian belajar peserta didik pada saat pembelajaran menggunakan model Learning Cycle 7E. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Tasikmalaya, sampelnya diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas VIIA yang berjumlah 32 orang. Istrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari soal tes kemampuan penalaran matematik dan angket kemandirian belajar peserta didik. Pengolahan dan analisis data menggunakan uji proporsi satu pihak kanan, asosiasi kontingensi dan koefisien kontingensi. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data mengenai kemampuan penalaran dan kemandirian belajar peserta didik dapat disimpulkan bahwa: (1) model Learning Cycle 7E efektif terhadap kemampuan penalaran matematik, (2) kemandirian belajar peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model Learning Cycle 7E termasuk kategori sedang, dan (3) terdapat asosiasi antara kemampuan penalaran matematik dengan kemandirian belajar peserta didik pada saat pembelajaran menggunakan model Learning Cycle 7E. Kata kunci: Kemampuan Penalaran Matematik, Kemandirian Belajar, Model Learning Cycle 7E. 
Institution Info

Universitas Siliwangi