DETAIL DOCUMENT
KERAGAAN SALURAN PEMASARAN TELUR AYAM RAS (Suatu Kasus Pemasaran Pada Sari Tani Farm)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Siliwangi
Author
Rahman, Ziad
Subject
S Agriculture (General) 
Datestamp
2019-08-13 06:53:03 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan pola saluran pemasaran, marjin pemasaran, farmer?s share dan efisiensi pemasaran telur ayam ras dari Sari Tani Farm. Matode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah survei. Jumlah responden yang terpilih sebanyak 44 orang terdiri dari peternak dan pedagang telur. Jumlah responden peternak sebanyak satu orang yang ditentukan dengan cara purposive method. Jumlah responden pedagang sebanyak 43 responden dengan snowball sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola saluran pemasaran yang terbentuk sebanyak tiga pola saluran pemasaran, yaitu pola saluran pemasaran satu tingkat produsen ? pedagang pengecer ? konsumen, kemudian pola saluran dua tingkat produsen ? pedagang besar - pedagang pengecer ? konsumen dan pola saluran tiga tingkat produsen ? pedagang pengumpul ? pedagang besar ? pedagang pengecer ? konsumen. Dari hasil penelitian, menunjukkan marjin pemasaran yang diperoleh adalah pola saluran pemasaran satu tingkat Rp 1.550,00, pola saluran dua tingkat Rp 1.948,00 dan pola saluran tiga tingkat Rp 2.750,00. Pada nilai farmer?s share diperoleh hasil saluran pemasaran satu tingkat sebesar 93,13 persen saluran dua tingkat 91,51 persen dan saluran tiga tingkat sebesar 88,42 persen. Serta seluruh saluran pemasaran yang terjadi termasuk kategori efisien. Kata kunci: telur, saluran pemasaran, marjin pemasaran, farmer share. 
Institution Info

Universitas Siliwangi