Abstract :
ABSTRAK
SINTA RAUDHIA ZAHRA SYAHDEA. 2022. (PROGRAM PARENTING
MELALUI SEKOLAH ORANG TUA SANTRI DALAM MENINGKATKAN
PENDIDIKAN ANAK. STUDI PADA PROGRAM PARENTING DI PAUD
IT IHYA ASSUNNAH KOTA TASIKMALAYA). Jurusan Pendidikan
Masyarakat, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi,
Tasikmalaya.
Pendidikan anak usia dini adalah sebuah Tindakan dan upaya yang dilakukan oleh
orang tua dan pendidik/guru dalam mengasuh, merawat dan mendidik dengan cara
menciptakan lingkungan dimana anak dapat menjelajahi pengalaman yang
memberikan ilmu dan wawasan terhadap pengalaman belajar. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program sekolah orang tua santri
dalam meningkatkan pendidikan anak. Dalam penelitian ini menggunakan metode
penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, dan
penarikan kesimpulan. fokus penelitian yaitu pelaksanaan program sekolah orang
tua santri. Hasil penelitian bahwa pelaksanaan program sekolah orang tua santri
sudah sesuai dengan 10 patokan pendidikan masyarakat dengan warga belajar yang
merupakan orang tua santri. Pelaksanaan program dilaksanakan berdasarkan
beberapa sesi kegiatan diantaranya sesi materi mengenai karakter pendidik yang
baik, bermain yang menyenangkan, tahap perkembangan anak dimulai dari usia
lahir hingga usia 7 tahun, seven essensial skill and multiple intelligent yang
diberikan langsung oleh kepala sekolah Paud sebagai sumber belajar, sesi
observasi, sesi simulasi dan sesi diskusi. Dengan biaya yang berasal dari biaya
pendaftaran dan menggunakan seluruh sarana yang disediakan oleh sekolah sesuai
dengan kebutuhan. Simpulan dari penelitian ini yaitu program sekolah orang tua
santri dilaksanakan oleh Paud IT Ihya Assunnah dengan berdasarkan kebutuhan
para orang tua terkait pola asuh dan pola didik dimana dalam proses pembelajaran
nya warga belajar mendapatkan solusi terkait permasalahan mengenai pola asuh
dan pola didik di rumah sehingga setelah mengikuti program adanya perubahan
dalam perkembangan dan karakter anak.
Kata Kunci: Pendidikan Nonformal, Parenting, Pendidikan Anak .