Abstract :
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Earning Per Share dan
pertumbuhan penjualan terhadap harga saham pada perusahaan tekstil yang
terdapat di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2016-2020. Indikator
Earning Per Share yang digunakan adalah EPS, Indikator pertumbuhan penjualan
yang digunakan adalah growth of sales dan indikator harga saham yang digunakan
adalah closing price. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif
dengan pendekatan deskriptif, sedangkan teknik penentuan sampel menggunakan
metode purposive sampling. Dalam penelitian ini 12 perusahaan tekstil diperoleh
menjadi sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan data sekunder
yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan perusahaan, data perdagangan
saham perusahaan, kajian pustaka dan pihak lain yang relevan. Alat analisis
menggunakan analisis regresi data panel dan berdasarkan hasil pengujian
diperoleh model yang digunakan yaitu Fixed Effect. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: (1) Earning Per Share berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga
saham, (2) pertumbuhan penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap
harga saham, serta (3) Earning Per Share dan pertumbuhan pendapatan secara
bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham.
Kata kunci : Earning Per Share, pertumbuhan penjualan, harga saham