DETAIL DOCUMENT
PENGARUH CYBER PUBLIC RELATION DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP CITRA PERUSAHAAN ASURANSI JIWA SYARIAH BUMIPUTERA TASIKMALAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Siliwangi
Author
NURMAGHFIRAH, AL-VIANA
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2023-06-12 03:38:50 
Abstract :
ABSTRAK Al-viana Nurmaghfirah. 2023. Pengaruh Cyber Public Relation dan Kualitas Pelayanan Terhadap Citra Perusahaan Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Tasikmalaya. Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi. Industri asuransi syariah di Indonesia telah mengalami perkembangan yang cukup pesat. Banyaknya perusahaan asuransi syariah yang ada membuat perusahaan berlomba untuk memberikan yang terbaik. Namun dalam menjalankan usahanya, Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera mendapat dampak dari gagal bayar klaim yang dilakukan oleh AJB Bumiputera 1912 pada tahun 2018. Untuk mengembalikan kepercayaan dibutuhkan seorang public relations yang pada penelitian ini berfokus pada cyber public relation. Namun, pengelolaan dari cyber public relation masih kurang diperhatikan. Kemudian banyaknya sifat nasabah yang bervariasi maka perusahaan perlu berusaha memberikan yang terbaik kepada nasabah tetapi pelayanan di AJSB kurang optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh cyber public relation dan kualitas pelayanan terhadap citra perusahaan Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode asosiatif menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan bantuan SPSS 26.0. Analisis data yang digunakan untuk menguji penelitian ini adalah uji asumsi dasar, uji asumsi klasik, analisis statistik deskriptif, dan uji hipotesis. Data penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang diambil dari nasabah Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Tasikmalaya sebanyak 370 orang dengan menggunakan teknik probability sampling dengan sampel random yang kemudian dihasilkan sampel sebanyak 80 orang responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa cyber public relation berpengaruh secara signifikan terhadap citra perusahaan begitu pula dengan kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap citra perusahaan dibuktikan pada hasil uji t dimana Sig. 0,000 < 0,05. Kemudian variabel cyber public relation dan kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap citra perusahaan dibuktikan pada hasil uji F dimana Sig. 0,000 < 0,05. Hal ini berarti bahwa variabel cyber public relation dan kualitas pelayanan mampu menjelaskan variasi dari citra perusahaan sebesar 74,9% dan sisanya .sebesar 25,1% variasi variabel citra perusahaan dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian. Artinya semakin baik cyber public relation dan kualitas pelayanan maka semakin meningkatkan citra perusahaan Bumiputera Tasikmalaya. Kata Kunci: Cyber Public Relation, Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan 
Institution Info

Universitas Siliwangi