Abstract :
ABSTRAK
Al-viana Nurmaghfirah. 2023. Pengaruh Cyber Public Relation dan Kualitas
Pelayanan Terhadap Citra Perusahaan Asuransi Jiwa Syariah
Bumiputera Tasikmalaya. Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas
Agama Islam Universitas Siliwangi.
Industri asuransi syariah di Indonesia telah mengalami perkembangan
yang cukup pesat. Banyaknya perusahaan asuransi syariah yang ada membuat
perusahaan berlomba untuk memberikan yang terbaik. Namun dalam menjalankan
usahanya, Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera mendapat dampak dari gagal bayar
klaim yang dilakukan oleh AJB Bumiputera 1912 pada tahun 2018. Untuk
mengembalikan kepercayaan dibutuhkan seorang public relations yang pada
penelitian ini berfokus pada cyber public relation. Namun, pengelolaan dari cyber
public relation masih kurang diperhatikan. Kemudian banyaknya sifat nasabah
yang bervariasi maka perusahaan perlu berusaha memberikan yang terbaik kepada
nasabah tetapi pelayanan di AJSB kurang optimal. Tujuan penelitian ini adalah
untuk melihat pengaruh cyber public relation dan kualitas pelayanan terhadap
citra perusahaan Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Tasikmalaya.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode asosiatif menggunakan
pendekatan kuantitatif menggunakan bantuan SPSS 26.0. Analisis data yang
digunakan untuk menguji penelitian ini adalah uji asumsi dasar, uji asumsi klasik,
analisis statistik deskriptif, dan uji hipotesis. Data penelitian ini diperoleh dari
kuesioner yang diambil dari nasabah Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera
Tasikmalaya sebanyak 370 orang dengan menggunakan teknik probability
sampling dengan sampel random yang kemudian dihasilkan sampel sebanyak 80
orang responden.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa cyber public relation berpengaruh
secara signifikan terhadap citra perusahaan begitu pula dengan kualitas pelayanan
berpengaruh secara signifikan terhadap citra perusahaan dibuktikan pada hasil uji
t dimana Sig. 0,000 < 0,05. Kemudian variabel cyber public relation dan kualitas
pelayanan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap citra perusahaan
dibuktikan pada hasil uji F dimana Sig. 0,000 < 0,05. Hal ini berarti bahwa
variabel cyber public relation dan kualitas pelayanan mampu menjelaskan variasi
dari citra perusahaan sebesar 74,9% dan sisanya .sebesar 25,1% variasi variabel
citra perusahaan dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian. Artinya semakin
baik cyber public relation dan kualitas pelayanan maka semakin meningkatkan
citra perusahaan Bumiputera Tasikmalaya.
Kata Kunci: Cyber Public Relation, Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan