Abstract :
ABSTRAK
SALSABILA FAUZIA, 2023, PENGARUH HALAL AWARENESS,
SCARCITY MESSAGE DAN DISCOUNT TERHADAP IMPULSE
BUYING PRODUK KOSMETIK DI SHOPEE (STUDI KASUS PADA
PERILAKU IMPULSE BUYING MAHASISWA UNIVERSITAS
SILIWANGI)
Impulse buying adalah keputusan pembelian secara tiba-tiba, terburu-buru
dan tanpa perencanaan karena ada dorongan keinginan dari konsumen yang tidak
dapat dihindari disebabkan oleh ketertarikan konsumen terhadap produk yang
ditawarkan maupun tergoda oleh pemasar. Perilaku impulse buying dapat dialami
oleh setiap orang termasuk mahasiswa yang menggunakan e-commerce untuk
berbelanja online salah satunya impulse buying pada produk kosmetik. Tujuan dari
penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh halal awareness,
scarcity message dan discount terhadap impulse buying produk kosmetik di Shopee
pada perilaku impulse buying mahasiswa Universitas Siliwangi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
kuantitatif. Sampel pada penelitian ini yaitu Mahasiswa Universitas Siliwangi yang
pernah melakukan impulse buying produk kosmetik di Shopee. Teknik
pengambilan sampel menggunakan propotionate stratified random sampling
dengan sampel yang diambil yaitu 100 orang responden. Teknik pengumpulan data
berupa penyebaran kuesioner. Teknik data yang digunakan adalah deskriptif data
dan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi, uji korelasi, uji t dan uji F.
Sedangkan untuk pengolahan data menggunakan program SPSS versi 26.
Hasil penelitian: 1) Halal Awareness berpengaruh terhadap impulse buying
produk kosmetik di Shopee pada perilaku impulse buying mahasiswa Universitas
Siliwangi dengan koefisien korelasi sebesar 0,815 dengan nilai sig. 0,000, nilai
koefisien determinasi sebesar 66,4% dan nilai uji t sebesar 13.904; 2) Scarcity
Message berpengaruh terhadap impulse buying produk kosmetik di Shopee pada
perilaku impulse buying mahasiswa Universitas Siliwangi dengan koefisien
korelasi sebesar 0,746 dengan nilai sig. 0,000, nilai koefisien determinasi sebesar
55,6% dan nilai uji t sebesar 11.083; 3) Discount berpengaruh terhadap impulse
buying produk kosmetik di Shopee pada perilaku impulse buying mahasiswa
Universitas Siliwangi dengan koefisien korelasi sebesar 0,580 dengan nilai sig.
0,000, nilai koefisien determinasi sebesar 33,6% dan nilai uji t sebesar 7.050; 4)
Halal Awareness, Scarcity Message dan Discount berpengaruh terhadap impulse
buying produk kosmetik di Shopee pada perilaku impulse buying mahasiswa
Universitas Siliwangi dengan koefisien korelasi sebesar 0,887 dengan nilai sig.
0,000, nilai koefisien determinasi sebesar 78,8% dan nilai uji t sebesar 118,673.
Dengan demikian halal awareness, scarcity message dan discount berpengaruh
baik secara parsial maupun simultan terhadap impulse buying produk kosmetik di
Shopee pada perilaku impulse buying mahasiswa Universitas Siliwangi.
Kata Kunci: Halal Awareness, Scarcity Message, Discount, Impulse Buying