Abstract :
ABSTRAK
Iin Sofiatun. 2023. Analisis Promotion mix Dalam Meningkatkan Jumlah
Nasabah PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera KC Tasikmalaya
Asuransi syariah merupakan salah satu industri keuangan Non Bank yang
menggunakan prinsip syariah. Banyaknya perusahaan yang bergerak dalam bidang
yang sama menyebabkan kompetesi antar perusahaan asuransi sangat ketat. Namun
minat masyarakat terhadap asuransi syariah rendah. Salah satu faktor rendahnya
minat masyarakat terhadap asuransi syariah yaitu komponen promosi. Perusahaan
diharapkan menggunakan bauran promosi yang tepat dalam mengkomunikasikan
segala sesuatu tentang informasi produk, promotion mix terdiri dari advertising,
sales promotion, direct marketing, personal selling dan public relation. PT
Asuransi Jiwa Syariah KC Tasikmalaya dalam perkembangannya mengalami
penurunan peserta asuransi, dan pada tahun 2022 mengalami kenaikan. Namun
kenaikan ini tidak lebih besar dari tahun 2018. Tujuan penelitian ini yaitu untuk
mengetahui bagaimana promotion mix yang digunakan dalam meningkatkan
jumlah nasabah PT Asuransi Syariah Bumiputera KC Tasikmalaya.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini diperoleh dari hasil
wawancara dengan agency director, karyawan serta nasabah perusahaan terkait.
Sementara data sekunder diperoleh dari dokumen berupa arsip atau berkas-berkas
dari perusahaan terkait. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan
dengan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa dalam meningkatkan jumlah
nasabah PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera KC Tasikmalaya menerapkan
promotion mix berupa advertising, sales promotion, direct marketing, personal
selling dan public relation. Namun pada kegiatan advertising dan direct marketing
media yang digunakan dalam kegiatan promosi tersebut kurang maksimal. Dengan
demikian peneliti memberikan saran kepada perusahaan untuk lebih
memaksimalkan media promosi yang dapat digunakan oleh perusahaan.
Kata Kunci: Promotin mix, advertising, sales promotion, direct marketing,
personal selling, public relation