Abstract :
ABSTRAK
PUTRI SOFA MARIYAWATI. 2015. Perbandingan Kemampuan
Komunikasi Matematik Peserta Didik yang Menggunakan Model
Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan tipe
Think Pair and Share (TPS) (Studi Eksperimen terhadap Peserta Didik
Kelas VII SMP Negeri 20 Tasikmalaya). Program Studi Pendidikan
Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi
Tasikmalaya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen bertujuan untuk
mengetahui kemampuan komunikasi matematik peserta didik yang menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) lebih baik
daripada menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share
(TPS) di SMP Negeri 20 Tasikmalaya. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 20 Tasikmalaya sebanyak 255 siswa
dengan terdistribusi dalam 7 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas
VII A dan VII B diambil secara random. Data yang diperoleh merupakan nilai
hasil dari tes kemampuan komunikasi matematik peserta didik.
Hasil dari penelitian ini yaitu kemampuan komunikasi matematik peserta didik
yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together
(NHT) lebih baik daripada tipe Think Pair and Share (TPS); kemampuan
komunikasi matematik yang diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe
Numbered Head Together (NHT) termasuk kategori cukup; kemampuan
komunikasi matematik yang diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe
Think Pair and Share (TPS) termasuk kategori cukup.
Kata Kunci: Komunikasi Matematik, Pembelajaran Kooperatif, Numbered Head
Together (NHT), Think Pair and Share (TPS).