Abstract :
ABSTRAK
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI
MINAT BERWIRAUSAHA DI KALANGAN MAHASISWA
(STUDI KASUS MAHASISWA S1 UNIVERSITAS SILIWANGI
ANGKATAN 2019)
Oleh
Dinda Lestari
NIM 193401108
Pembimbing I : Dwi Hastuti Lestari K.
Pembimbing II : H.Aso Sukarso
Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui besarnya pengaruh visi misi
kampus, mata kuliah kewirausahaan, lingkungan keluarga, dan lingkungan sosial
terhadap minat berwirausaha. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian
ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode penarikan
sampel menggunakan metode purposive sampling. Data dikumpulkan dengan
menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner yang dibagikan kepada 130
orang responden yang terdiri dari mahasiswa Universitas Siliwangi dari berbagai
fakultas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) visi misi kampus berpengaruh
positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha, (2) mata kuliah
kewirausahaan berpengaruh negative dan tidak signifikan terhadap minat
berwirausaha, (3) lingkungan keluarga berpengaruh negative dan tidak signifikan
terhadap minat berwirausaha, dan (4) lingkungan sosial berpengaruh positif dan
signifikan terhadap minat berwirausaha.
Kata kunci: minat berwirausaha, visi misi kampus, mata kuliah kewirausahaan,
lingkungan keluarga, lingkungan sosial