Abstract :
ABSTRAK
MUHAMAD ILHAM JUNIANA. 2023. PENGARUH KUALITAS PRODUK,
CITRA MEREK, INFLUENCER MARKETING, DAN ELECTRONIC
WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI (Studi Kasus Pengguna
TikTok Shop Di Jawa Barat)
Minat beli digunakan untuk menganalisis perilaku konsumen. Pelaku usaha
perlu mengetahui minat beli konsumen terhadap suatu produk sebagai dasar
pertimbangan dalam penyusunan strategi peningkatan minat beli. Faktor yang
mempengaruhi pilihan konsumen dalam membeli barang atau jasa salahsatunya
strategi pemasaran. Produk merupakan titik sentral kegiatan pemasaran, untuk
mempertahankan dan meningkatkan citra produk memerlukan promosi atau iklan.
Tiktok membantu menjangkau banyak pengguna dan mendorong konsumen untuk
membeli. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, citra
merek, influencer marketing, dan electronic word of mouth terhadap minat beli
pengguna TikTok Shop di Jawa Barat.
Metode yang digunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif asosiatif
dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Teknik pengambilan sampel
menggunakan accidental sampling dengan 100 responden. Teknik analisis data yang
digunakan untuk pengujian hipotesis adalah koefisien korelasi sederhana, koefisien
korelasi berganda. Analisis regresi sederhana, Analisis regresi berganda, koefisien
determinasi, Uji t dan Uji F.
Hasil penelitian menunjukan 1). Kualitas Produk berpengaruh positif terhadap
minat beli, berdasarkan uji regresi linear sederhana X1 diperoleh Y=4,406+0,900X1,
koefisien korelasi sebesar 0,711 dan koefisien determinasi sebesar 50,6%. 2). Citra
Merek berpengaruh positif terhadap minat beli, berdasarkan uji regresi linear sederhana
X2 diperoleh Y=10,545+1,077X2, koefisien korelasi sebesar 0,690 dan koefisien
determinasi sebesar 47,7%. 3). Influencer Marketing berpengaruh positif terhadap
minat beli, berdasarkan uji regresi linear sederhana X3 diperoleh Y=22,593+0,624X3,
koefisien korelasi sebesar 0,727 dan koefisien determinasi sebesar 52,9%. 4).
Electronic Word Of Mouth berpengaruh positif terhadap minat beli, berdasarkan uji
regresi linear sederhana X4 diperoleh Y=9,825+0,967X4, koefisien korelasi sebesar
0,823 dan koefisien determinasisebesar 67,8%. 5). Variabel kualitas produk (X1), citra
merek (X2), influencer marketing (X3), dan electronic word of mouth (X4) secara
simultan berpengaruh positif terhadap minat beli (Y), berdasarkan uji regresi linear
berganda diperoleh Y=-4,149+0,359X1+0,256X2+0,134X3+0,494X4, koefisien
korelasi berganda sebesar 0,881 dan koefisien determinasi sebesar 76,6%.
Jadi kualitas produk (X1), citra merek (X2), influencer marketing (X3), dan
electronic word of mouth (X4) berpengaruh signifikan terhadap minat beli (Y) baik
secara parsial maupun simultan. Dengan demikian semua hipotesis alternatif (Ha)
diterima.
Kata Kunci : Produk, Merek, Influencer Marketing, Electronic Word Of Mouth, Minat
Beli