Abstract :
ABSTRAK
AHMAD FIKRI NURFAIZI, 2023, ANALISIS LOYALITAS NASABAH
PASCA MERGER DI BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) KCP
TASIKMALAYA AHMAD YANI. Skripsi. Program Studi Ekonomi
Syariah Fakultas Agama Islam
Loyalitas nasabah yang ada pada BSI KCP Tasikmalaya Ahmad Yani
sebelum merger cukup baik dilihat dari nasabah yang sering melakukan transaksi
pada setiap tahunnya. Namun ketika merger pun sama halnya tidak terlihat
perubahan secara signifikan. Dilihat dari kuantitas nasabah sebelum merger hanya
mengandalkan sektor pembiayaan yang sifatnya perorangan dan pasca merger
segmentasi pasarnya ditambah dengan melakukan mitra kerja sama perusahaan
lain, kemudian nasabah yang pasif (tidak ada transasksi) kurang lebih 4000
nasabah. Bagi Bank Syariah Indonesia memiliki nasabah yang loyal merupakan
suatu tujuan akhir dari suatu perbankan untuk menjamin kelangsungan hidup
jalannya perbankan. Memperhatikan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui loyalitas nasabah pasca merger BSI KCP Tasikmalaya
Ahmad Yani.
Metode penelitian yang dilakukan peneliti adalah metode deskriptif dengan
melalui pendekatan kualitatif Pendekatan kualitatif adalah metode penelitian yang
didasarkan pada kondisi objek alami (sebagai lawan dari eksperimen) dengan
menggunakan 30 informan nasabah, 1 informan Funding, dan 1 informan Branch
Manager. Peneliti memeriksa data melalui teknik penelitian triangulasi sumber.
Berdasarkan hasil penelitian dilapangan transaksi yang dilakukan informan
selalu rutin dalam melakukan transaksi, untuk pembelian produk diluar lini itu ada
22 nasabah yang tidak menggunakan produk lainnya, merekomendasikan kepada
orang lain yaitu 24 orang merekomendasikan BSI kepada orang lain, dan yang
menunjukan kekebalan dari daya tarik pesaing yaitu 20 orang nasabah. Dari
tingkatan loyalitas berada pada tingkatan comitted buyer 45.7%, Linkin of the brand
23,3%, Satisfied 23,3%, Swicther 6,7% meskipun ada penggabungan/merger.
Kata Kunci: Loyalitas Nasabah, Merger, Bank Syariah Indonesia