DETAIL DOCUMENT
ANALISIS LOYALITAS NASABAH PASCA MERGER DI BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) KCP TASIKMALAYA AHMAD YANI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Siliwangi
Author
Nurfaizi, Ahmad Fikri
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2023-06-16 01:48:00 
Abstract :
ABSTRAK AHMAD FIKRI NURFAIZI, 2023, ANALISIS LOYALITAS NASABAH PASCA MERGER DI BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) KCP TASIKMALAYA AHMAD YANI. Skripsi. Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Loyalitas nasabah yang ada pada BSI KCP Tasikmalaya Ahmad Yani sebelum merger cukup baik dilihat dari nasabah yang sering melakukan transaksi pada setiap tahunnya. Namun ketika merger pun sama halnya tidak terlihat perubahan secara signifikan. Dilihat dari kuantitas nasabah sebelum merger hanya mengandalkan sektor pembiayaan yang sifatnya perorangan dan pasca merger segmentasi pasarnya ditambah dengan melakukan mitra kerja sama perusahaan lain, kemudian nasabah yang pasif (tidak ada transasksi) kurang lebih 4000 nasabah. Bagi Bank Syariah Indonesia memiliki nasabah yang loyal merupakan suatu tujuan akhir dari suatu perbankan untuk menjamin kelangsungan hidup jalannya perbankan. Memperhatikan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui loyalitas nasabah pasca merger BSI KCP Tasikmalaya Ahmad Yani. Metode penelitian yang dilakukan peneliti adalah metode deskriptif dengan melalui pendekatan kualitatif Pendekatan kualitatif adalah metode penelitian yang didasarkan pada kondisi objek alami (sebagai lawan dari eksperimen) dengan menggunakan 30 informan nasabah, 1 informan Funding, dan 1 informan Branch Manager. Peneliti memeriksa data melalui teknik penelitian triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan transaksi yang dilakukan informan selalu rutin dalam melakukan transaksi, untuk pembelian produk diluar lini itu ada 22 nasabah yang tidak menggunakan produk lainnya, merekomendasikan kepada orang lain yaitu 24 orang merekomendasikan BSI kepada orang lain, dan yang menunjukan kekebalan dari daya tarik pesaing yaitu 20 orang nasabah. Dari tingkatan loyalitas berada pada tingkatan comitted buyer 45.7%, Linkin of the brand 23,3%, Satisfied 23,3%, Swicther 6,7% meskipun ada penggabungan/merger. Kata Kunci: Loyalitas Nasabah, Merger, Bank Syariah Indonesia 
Institution Info

Universitas Siliwangi