DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PRODUK, PENGETAHUAN, DAN KEBUTUHAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH TABUNGAN EASY MUDHARABAH DI BSI KC MASJID AGUNG TASIKMALAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Siliwangi
Author
LESTARI, RIPA
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2023-06-16 01:48:08 
Abstract :
ABSTRAK RIPA LESTARI. 2023. PENGARUH PRODUK, PENGETAHUAN, DAN KEBUTUHAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH TABUNGAN EASY MUDHARABAH DI BSI KC MASJID AGUNG TASIKMALAYA. PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH, FAKULTAS AGAMA ISLAM, UNIVERSITAS SILIWANGI. Dalam sistem penggunaan tabungan perbankan menjadikan nasabah memiliki banyak pilihan dan pertimbangan, dalam memutuskan jasa perbankan yang akan memberikan kepuasan sesuai ekspektasinya. Salah satu bentuk tabungan yang dimiliki oleh Bank untuk kebutuhan nasabah sehingga keputusan nasabah terpenuhi diantaranya adanya tabungan Easy Mudharabah. Bank Syariah Indonesia KC Masjid Agung Tasikmalaya, salah satu bank yang mempunyai tabungan Easy Mudharabah. Adanya tabungan Easy Mudharabah di Bank Syariah Indonesia KC Masjid Agung Tasikmalaya terdapat problematika yaitu terjadinya ketimpangan pengguna Tabungan Easy Mudharabah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor produk, faktor pengetahuan, dan faktor kebutuhan terhadap keputusan nasabah dalam memilih Tabungan Easy Mudharabah di Bank Syariah Indonesia KC Masjid Agung Tasikmalaya baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik Purpose Sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dengan skala likert. Populasi pada penelitian ini adalah nasabah Bank Syariah Indonesia KC Masjid Agung Tasikmalaya pengguna Tabungan Easy Mudharabah dengan sampel sebanyak 220 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1). Faktor Produk (X1) berpengaruh terhadap keputusan nasabah (Y) dengan diperoleh thitung sebesar 5.629. 2). Faktor pengetahuan (X2) berpengaruh terhadap keputusan nasabah (Y) dengan diperoleh thitung sebesar 6.476. 3). Faktor kebutuhan (X3) berpengaruh terhadap keputusan nasabah (Y) dengan diperoleh thitung sebesar 7.571 4). Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat pengaruh antara produk (X1), pengetahuan (X2) dan kebutuhan (X3) terhadap keputusan nasabah (Y) dengan diperoleh Fhitung sebesar 5.303, berada pada tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Kesimpulannya bahwa faktor produk (X1), Faktor pengetahuan (X2), dan kebutuhan (X3) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kepuasan nasabah (Y), sehingga hipotesis (Ho1, HO2 dan HO3) ditolak dan (Ha1, Ha2 dan Ha3) diterima. Faktor produk (X1), pengetahuan (X2), dan kebutuhan (X3) berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap keputusan nasabah (Y), sehingga hipotesis (HO4) ditolak dan (Ha4) diterima. Kata Kunci: Produk, Pengetahuan, Kebutuhan, Keputusan Nasabah, Tabungan Easy Mudharabah 
Institution Info

Universitas Siliwangi