Abstract :
ABSTRAK
RIPA LESTARI. 2023. PENGARUH PRODUK, PENGETAHUAN, DAN
KEBUTUHAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM
MEMILIH TABUNGAN EASY MUDHARABAH DI BSI KC MASJID
AGUNG TASIKMALAYA. PROGRAM STUDI EKONOMI
SYARIAH, FAKULTAS AGAMA ISLAM, UNIVERSITAS
SILIWANGI.
Dalam sistem penggunaan tabungan perbankan menjadikan nasabah
memiliki banyak pilihan dan pertimbangan, dalam memutuskan jasa perbankan
yang akan memberikan kepuasan sesuai ekspektasinya. Salah satu bentuk tabungan
yang dimiliki oleh Bank untuk kebutuhan nasabah sehingga keputusan nasabah
terpenuhi diantaranya adanya tabungan Easy Mudharabah. Bank Syariah Indonesia
KC Masjid Agung Tasikmalaya, salah satu bank yang mempunyai tabungan Easy
Mudharabah. Adanya tabungan Easy Mudharabah di Bank Syariah Indonesia KC
Masjid Agung Tasikmalaya terdapat problematika yaitu terjadinya ketimpangan
pengguna Tabungan Easy Mudharabah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh faktor produk, faktor pengetahuan, dan faktor kebutuhan
terhadap keputusan nasabah dalam memilih Tabungan Easy Mudharabah di Bank
Syariah Indonesia KC Masjid Agung Tasikmalaya baik secara parsial maupun
simultan.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik Purpose
Sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dengan skala likert.
Populasi pada penelitian ini adalah nasabah Bank Syariah Indonesia KC Masjid
Agung Tasikmalaya pengguna Tabungan Easy Mudharabah dengan sampel
sebanyak 220 responden.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1). Faktor Produk (X1) berpengaruh
terhadap keputusan nasabah (Y) dengan diperoleh thitung sebesar 5.629. 2). Faktor
pengetahuan (X2) berpengaruh terhadap keputusan nasabah (Y) dengan diperoleh
thitung sebesar 6.476. 3). Faktor kebutuhan (X3) berpengaruh terhadap keputusan
nasabah (Y) dengan diperoleh thitung sebesar 7.571 4). Hasil penelitian diperoleh
bahwa terdapat pengaruh antara produk (X1), pengetahuan (X2) dan kebutuhan (X3)
terhadap keputusan nasabah (Y) dengan diperoleh Fhitung sebesar 5.303, berada pada
tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Kesimpulannya bahwa faktor produk (X1), Faktor
pengetahuan (X2), dan kebutuhan (X3) berpengaruh positif dan signifikan secara
parsial terhadap kepuasan nasabah (Y), sehingga hipotesis (Ho1, HO2 dan HO3)
ditolak dan (Ha1, Ha2 dan Ha3) diterima. Faktor produk (X1), pengetahuan (X2),
dan kebutuhan (X3) berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap
keputusan nasabah (Y), sehingga hipotesis (HO4) ditolak dan (Ha4) diterima.
Kata Kunci: Produk, Pengetahuan, Kebutuhan, Keputusan Nasabah, Tabungan
Easy Mudharabah