DETAIL DOCUMENT
ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN NASABAH PENGGUNA LAYANAN ELECTRONIC CHANNEL (E – CHANNEL) PADA NASABAH BSI KCP TASIKMALAYA MASJID AGUNG (TMA)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Siliwangi
Author
NURSALSA, FAJRINA ANASA
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2023-06-16 01:48:12 
Abstract :
ABSTRAK FAJRINA ANASA NURSALSA. 2023. ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN NASABAH PENGGUNA LAYANAN ELECTRONIC CHANNEL (E-CHANNEL) PADA NASABAH BSI KCP TASIKMALAYA MASJID AGUNG (TMA) Penggunaan sistem teknologi informasi menjadikan nasabah memiliki banyak pilihan dan pertimbangan dalam memutuskan jasa perbankan yang akan memberikan kepuasan sesuai ekspektasinya. Salah satu bentuk inovasi yang dikembangkan oleh bank untuk kebutuhan nasabah sehingga kepuasan nasabah terpenuhi diantaranya layanan Electronic Channel (E-Channel). Bank Syariah Indonesia KCP Tasikmalaya Masjid Agung (TMA) Salah satu bank yang menerapkan layanan Electronic Channel (E-Channel). Penerapan layanan Electronic Channel (E-Channel) di Bank Syariah Indonesia KCP Tasikmalaya Masjid Agung (TMA) terdapat problematika yaitu terjadinya ketimpangan pengguna layanan Electronic Channel (E-Channel). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor kemudahan, faktor manfaat, dan faktor pengetahuan terhadap kepuasan nasabah pengguna layanan Electronic Channel (E?Channel) di Bank Syariah Indonesia KCP Tasikmalaya Masjid Agung (TMA) baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dengan skala likert. Populasi pada penelitian ini adalah nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Tasikmalaya Masjid Agung (TMA) pengguna layanan Electronic Channel (E-Channel) dengan sampel sebanyak 238 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1). Faktor kemudahan (X1) tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah (Y) dengan diperoleh thitung sebesar -948. 2). Faktor manfaat (X2) berpengaruh terhadap kepuasan nasabah (Y) dengan diperoleh thitung sebesar 3.984. 3). Faktor pengetahuan (X3) berpengaruh terhadap kepuasan nasabah (Y) dengan diperoleh thitung sebesar 3.783 4). Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat pengaruh antara kemudahan (X1), manfaat (X2) dan pengetahuan (X3) terhadap kepuasan nasabah (Y) dengan diperoleh Fhitung sebesar 5.592, berada pada tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Kesimpulannya bahwa faktor kemudahan (X1) tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan secara parsial terhadap kepuasan nasabah (Y), sehingga hipotesis (HO1) diterima dan (Ha1) ditolak. Faktor manfaat (X2), dan pengetahuan (X3) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kepuasan nasabah (Y), sehingga hipotesis (HO2 dan HO3) ditolak dan (Ha2 dan Ha3) diterima. Faktor kemudahan (X1), manfaat (X2), dan pengetahuan (X3) berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap kepuasan nasabah (Y), sehingga hipotesis (HO4) ditolak dan (Ha4) diterima. Kata Kunci: Kemudahan, Manfaat, Pengetahuan, Kepuasan Nasabah, Layanan Electronic Channel (E-Channel) 
Institution Info

Universitas Siliwangi