Abstract :
ABSTRAK
FAJRINA ANASA NURSALSA. 2023. ANALISIS FAKTOR-FAKTOR
YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN NASABAH PENGGUNA
LAYANAN ELECTRONIC CHANNEL (E-CHANNEL) PADA
NASABAH BSI KCP TASIKMALAYA MASJID AGUNG (TMA)
Penggunaan sistem teknologi informasi menjadikan nasabah memiliki
banyak pilihan dan pertimbangan dalam memutuskan jasa perbankan yang akan
memberikan kepuasan sesuai ekspektasinya. Salah satu bentuk inovasi yang
dikembangkan oleh bank untuk kebutuhan nasabah sehingga kepuasan nasabah
terpenuhi diantaranya layanan Electronic Channel (E-Channel). Bank Syariah
Indonesia KCP Tasikmalaya Masjid Agung (TMA) Salah satu bank yang
menerapkan layanan Electronic Channel (E-Channel). Penerapan layanan
Electronic Channel (E-Channel) di Bank Syariah Indonesia KCP Tasikmalaya
Masjid Agung (TMA) terdapat problematika yaitu terjadinya ketimpangan
pengguna layanan Electronic Channel (E-Channel). Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh faktor kemudahan, faktor manfaat, dan faktor
pengetahuan terhadap kepuasan nasabah pengguna layanan Electronic Channel (E?Channel) di Bank Syariah Indonesia KCP Tasikmalaya Masjid Agung (TMA) baik
secara parsial maupun simultan.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik
Proportionate Stratified Random Sampling. Data dikumpulkan dengan
menggunakan kuesioner dengan skala likert. Populasi pada penelitian ini adalah
nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Tasikmalaya Masjid Agung (TMA)
pengguna layanan Electronic Channel (E-Channel) dengan sampel sebanyak 238
responden.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1). Faktor kemudahan (X1) tidak
berpengaruh terhadap kepuasan nasabah (Y) dengan diperoleh thitung sebesar -948.
2). Faktor manfaat (X2) berpengaruh terhadap kepuasan nasabah (Y) dengan
diperoleh thitung sebesar 3.984. 3). Faktor pengetahuan (X3) berpengaruh terhadap
kepuasan nasabah (Y) dengan diperoleh thitung sebesar 3.783 4). Hasil penelitian
diperoleh bahwa terdapat pengaruh antara kemudahan (X1), manfaat (X2) dan
pengetahuan (X3) terhadap kepuasan nasabah (Y) dengan diperoleh Fhitung sebesar
5.592, berada pada tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Kesimpulannya bahwa faktor
kemudahan (X1) tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan secara parsial
terhadap kepuasan nasabah (Y), sehingga hipotesis (HO1) diterima dan (Ha1)
ditolak. Faktor manfaat (X2), dan pengetahuan (X3) berpengaruh positif dan
signifikan secara parsial terhadap kepuasan nasabah (Y), sehingga hipotesis (HO2
dan HO3) ditolak dan (Ha2 dan Ha3) diterima. Faktor kemudahan (X1), manfaat (X2),
dan pengetahuan (X3) berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap
kepuasan nasabah (Y), sehingga hipotesis (HO4) ditolak dan (Ha4) diterima.
Kata Kunci: Kemudahan, Manfaat, Pengetahuan, Kepuasan Nasabah, Layanan
Electronic Channel (E-Channel)