Abstract :
ABSTRAK
SITI FAUZIAH. 2022. Pengembangan E-Modul Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis
Flex Model Dengan Pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art And
Mathematics). Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Universitas Siliwangi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul matematika berbasis flex model dengan
pendekatan STEAM yang dilengkapi video, games, link whatsapp dan link pengiriman tugas
serta mengetahui efektivitas dan respon peserta didik terhadap e-modul dalam pembelajaran
matematika berbasis flex model dengan pendekatan STEAM. Penelitian ini menggunakan model
ADDIE diantaranya yaitu Anayisis (analisis kebutuhan dan kompetensi pembelajaran dan
analisis materi bilangan bulat yang berkaitan dengan STEAM), Design (merancang konsep
pembelajaran, strategi tes, fitur video, games, diagram alir dan instrumen), Development
(Mengembangkan e-modul dari hasil rancangan dan validasi para ahli), Implementation (uji coba
kepada siswa kelas VII H SMPN 1 Cikoneng) dan Evaluation (uji efektifitas kepada siswa kelas
VII H SMPN 1 Cikoneng). Subjek penelitian terdiri dari 13 peserta didik kelas VII A sebagai
subjek uji kelompok kecil dan 22 peserta didik kelas VII H sebagai subjek uji coba kelompok
besar dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Instrumen terdiri
dari lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, lembar respon siswa, lembar soal
pretest dan postest. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian ini diperoleh produk berupa e-modul matematika berbasis flex model dengan
pendekatan STEAM dan diperoleh hasil efektivitas e-modul termasuk kategori tinggi sehingga
efektif digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: E-modul, flex model, Pendekatan STEAM, ADDIE.