Abstract :
ABSTRAK
PENERAPAN STRATEGI PROMOSI DALAM UPAYA PENINGKATAN
JUMLAH REALISASI KREDIT GUNA BHAKTI (KGB) PADA PT BANK
PEMBANGUNAN DAERAH JAWA BARAT DAN BANTEN Tbk KANTOR
CABANG CIAMIS
Oleh:
Ikhsan Farhat
NIM 203404093
Pembimbing I : Andri Helmi Munawar,S.E., M.M
Pembimbing II :Yuyun yuniasih, S.E., M.Si.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan
strategi promosi kredit guna bhakti (KGB) pada PT Bank Pembangunan Daerah
Jawa Barat dan Banten Tbk. Kantor Cabang Ciamis, dan mengetahui hambatan
serta solusi dalam pelaksanaan strategi promosinya. Pendekatan penelitian yang
digunakan penulis yaitu pendekatan kualitatif, metode pengumpulan data yang
digunakan adalah melalui studi kepustakaan, wawancara mendalam dan
observasi langsung. Berdasarkan penelitian ini bahwa bank bjb Kantor Cabang
Ciamis telah melaksanakan strategi promosi segi promotion mix yaitu
advertising, personal selling, sales promotion, publicity dan direct marketing.
Hambatan yang dihadapi dalam memasarkan produknya yaitu kurangnya respon
dari calon nasabah, kendala dalam kunjungan kepada calon nasabah dan sulitnya
menghadapi calon nasabah yang usianya cenderung tua. Adapun upaya dalam
mengatasi hambatan yaitu mencari calon nasabah yang membutuhkan produk,
menonjolkan kelebihan produk dan memberikan pengarahan lebih dekat tentang
produkyang ditawarkan.
Kata Kunci : Strategi, Bauran Promosi, Kredit Guna Bhakti, Bank