Abstract :
ABSTRAK
Young Adrian Perdiansyah, 2023. Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan
Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Layanan XL Axiata
(Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas
Siliwangi)
Keputusan pembelian merupakan bagian dari komponen perilaku
konsumen. Dari banyaknya penyedia layanan internet yang ada di pasaran membuat
persaingan semakin ketat. Hal ini membuat konsumen melakukan perbandingan
antar penyedia layanan internet termasuk XL Axiata. Berdasarkan hasil pra-survei
yang dilakukan pada Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi
ditemukan beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian, diantaranya
harga, kualitas produk dan word of mouth. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui apakah terdapat pengaruh harga, kualitas produk dan word of mouth
terhadap keputusan pembelian layanan XL Axiata pada Mahasiswa Fakultas
Agama Islam Universitas Siliwangi.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan teknik pengumpulan
data berupa kuesioner. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 142 dan teknik
pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh yaitu semua anggota
populasi dijadikan sampel dalam penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel Harga (X1) memiliki
pengaruh positif terhadap keputusan pembelian, berdasarkan hasil uji regresi linear
sederhana X1 diperoleh Y= 19,100 + 0,650X1, koefisien korelasi X1 sebesar 0,617
dan koefisien determinasi sebesar 38%. Kualitas produk (X2) memiliki pengaruh
positif terhadap keputusan pembelian, berdasarkan hasil uji regresi linear sederhana
X2 diperoleh Y= 12,109 + 0,516X2, koefisien korelasi X2 sebesar 0,714 dan
koefisien determinasi sebesar 54,9%. Word of mouth (X3) memiliki pengaruh
positif terhadap keputusan pembelian, berdasarkan hasil uji regresi linear sederhana
X3 diperoleh Y= 15,401 + 0,894X3, koefisien korelasi X3 sebesar 0,669 dan
koefisien determinasi sebesar 44,8%. Variabel harga (X1), kualitas produk (X2) dan
word of mouth (X3) secara bersama sama berpengaruh terhadap keputusan
pembelian, berdasarkan hasil uji regresi linear berganda diperoleh nilai Y = 5,234
+ 0,193X1 + 0,306X2 + 0,396X3, koefisien korelasi berganda sebesar 0,798 dan
koefisien determinasi sebesar 62,9%.
Sehingga harga, kualitas produk dan word of mouth berpengaruh positif
terhadap keputusan pembelian layanan Xl pada Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Universitas Siliwangi, baik secara parsial maupun simultan.
Kata Kunci: Harga, Kualitas Produk, Word of Mouth, Keputusan Pembelian