Abstract :
ABSTRAK
RESA AGUSTINA DEWI. 2023. KORELASI ANTARA SELF-CONFIDENCE
DENGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK
(Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 10 Tasikmalaya Tahun
Pelajaran 2022/2023). Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara self-confidence dengan
kemampuan komunikasi matematis, mendeskripsikan self-confidence peserta didik dan
kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 10
Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasional dan metode
deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP
Negeri 10 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan adalah simple random sampling. Sampel yang terpilih pada penelitian ini yaitu
peserta didik kelas VIII-C SMP Negeri 10 Tasikmalaya. Teknik pengumpulan data pada
penelitian ini yaitu penyebaran angket self-confidence dan pelaksanaan tes kemampuan
komunikasi matematis. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket self?confidence dan soal tes kemampuan komunikasi matematis. Teknik analisis data yang
digunakan untuk menguji hipotesis yaitu uji korelasi product moment pearson. Sebelum
melakukan uji hipotesis dilakukan dulu uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas data,
uji signifikansi, dan uji linearitas regresi. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh
kesimpulan bahwa terdapat korelasi antara self-confidence dengan kemampuan
komunikasi matematis peserta didik. Self-confidence peserta didik termasuk dalam
kategori sedang. Kemampuan komunikasi matematis peserta didik termasuk dalam
kategori cukup.
Kata kunci: Korelasi, Self-Confidence, Kemampuan Komunikasi Matematis.