Abstract :
ABSTRAK
I?lam Rusliannajmi Harits. 2023. Analisis Marketing Mix Syariah Pada
Penjualan Sapi Di Cv. Sugih Mukti Garut
Bisnis selalu memegang peranan penting di dalam kehidupan sosial dan
ekonomi manusia sepanjang masa termasuk perdagangan atau jual beli . Semakin
banyaknya perusahaan yang bergerak di perdaganngan tentunya tingkat persaingan
semakin meningkat. Perusahaan akan menghadapi bebagai kendala dalam
mencapai tujuannya . Setiap perusahaan dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif
guna meningkatkan volume penjualan tetapi pada kejadiannya para penjual sapi
masih terfokus di infarm dengan kata lain mereka hanya memperhatikan bagaimana
proses di dalam kandang dan kurang memperhatikan bagaimana strategi
pemasarannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis marketing mix
syariah yang dilakukan di CV. Sugih Mukti Garut.
CV Sugih Mukti Garut adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam
sektor perdagangan sapi. Perusahaan ini berlokasi di Desa Suci, Kecamatan
Karangpawitan, kabupaten Garut, Jawa Barat. CV Sugih Mukti adalah salah satu
perusahaan sapi yang jangkauan penjualannya cukup besar di daerah Jawa Barat
terutama Priangan Timur dengan berfokus pada perdagangan sapi potong maupun
sapi kurban. Disamping itu CV Sugih Mukti mendirikan peternakan sapi sendiri
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini
adalah primer dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Teknik
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menganalisis marketing mix
Syariah yang dilakukan oleh CV. Sugih Mukti Garut.
Hasil penelitian menunjukan bahwa CV. Sugih Mukti sudah melakukan
strategi bauran pemasaran dengan cukup baik dan strategi bauran pemasaran yang
diterapkan sudah sesuai dengan prinsip syariah, serta dalam proses pemasarannya
tidak ada unsur-unsur yang menyimpang dengan syariat Islam.
Kata Kunci : Bauran Pemasaran, Produk, Harga, Promosi, Saluran Distribusi