Abstract :
ABSTRAK
Media pembelajaran materi jaringan tumbuhan yang menggunakan
teknologi digital belum terlalu banyak. Banyak guru di sekolah yang masih
menggunakan metode pembelajaran tradisional seperti pembelajaran dengan gaya
ceramah, belajar mandiri dengan menggunakan buku paket, dan praktikum.
Gambar yang ditampilkan di buku paket hanya gambar 2D, dan gambar di buku
tidak bisa menampilkan dengan jelas bagian-bagian jaringan tumbuhan. Penelitian
ini bertujuan untuk membangun aplikasi tentang pembelajaran jaringan tumbuhan
yang menggunakan teknologi Augmented Reality dengan metode Markerless.
Aplikasi pembelajaran jaringan tumbuhan ini dibuat untuk platform android dengan
menggunakan metode pengembangan aplikasi MDLC (Multimedia Development
Life Cycle). Aplikasi Augmented Reality bisa menjadi metode pembelajaran yang
baru untuk menyampaikan materi jaringan tumbuhan kepada siswa. Berdasarkan
pengujian menggunakan System Usability Scale (SUS) aplikasi Jaringan Tumbuhan
mendapatkan rata-rata nilai 71 dari 84 responden, dimana dari segi Acceptability
Range aplikasi ini termasuk kategori Acceptable, dari segi Grade Scale berada pada
posisi Grade C sedangkan pada posisi Adjective Rating berada pada posisi Good.
Kata Kunci: Jaringan Tumbuhan, Augmented Reality, MDLC (Multimedia
Development Life Cycle), System Usability Scale (SUS)